Cara Tepat Simpan Sambal Matah, Biar Awet sampai Seminggu

Kompas.com - 05/07/2020, 08:18 WIB
Sambal matah khas Bali yang segar dan pedas. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANSambal matah khas Bali yang segar dan pedas.

KOMPAS.com - Tak jarang makan tanpa sambal rasanya kurang pas. Indonesia pun punya sambal khas dari berbagai daerah, termasuk Bali.

Salah satu sambal khas Bali yang terkenal adalah matah, terdiri dari bawang merah, serai, cabai rawit merah, terasi, dan daun jeruk. Semuanya mentah dan hanya dirajang, lalu disiram dengan minyak kelapa panas.

Baca juga: Resep Sambal Matah dan Tips Agar Sambal Tampak Segar

Supaya rasa dan tampilan sambal matah terlihat lebih segar, coba rendam dulu di dalam air es, seperti disampaikan oleh Chef Arosa Hotel Bintaro Jakarta Erwin Hidayat, Jumat (19/6/2020).

Sambal matah khas warung ikan asap Gombal Asap di Kota Bandung, Jawa Barat.KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Sambal matah khas warung ikan asap Gombal Asap di Kota Bandung, Jawa Barat.

Apabila bikin sambal matah dalam jumlah banyak untuk beberapa hari, sebaiknya disimpan dalam kulkas.

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto menerangkan cara menyimpan sambal matah supaya bisa awet sampai sekitar satu minggu.

Kalau sambal matah sudah dingin setelah dimasak, bungkus pakai plastic wrap lalu masukkan ke dalam kulkas.

Sebaiknya simpan sambal matah di kulkas area dalam. Usahakan tidak diletakkan di bagian yang mudah terpapar angin dari luar, seperti pintu kulkas.

Jika ingin mengonsumsi sambal matah yang sudah disimpan dalam kulkas, cukup panaskan sebelum disantap.

Sambal matah pun dapat dinikmati bersama ayam betutu dan atau nasi Bali.

Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X