7 Tempat Rawon Terkenal di Surabaya, dari Kalkulator sampai Setan

Kompas.com - 04/07/2020, 19:29 WIB
Rawon, hidangan utama dari menu yang ada di Rawon Kalkulator, Surabaya. Silvita AgmasariRawon, hidangan utama dari menu yang ada di Rawon Kalkulator, Surabaya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kuah hitam gurih rawon memang selalu sulit ditolak. Makanan khas Jawa Timur ini bisa punya kuah kehitaman yang khas karena campuran kluwek yang unik.

Baca juga: Resep Rawon Buntut Khas Hotel Mewah, Bisa Dipraktikkan di Rumah

Jika berkunjung ke Surabaya, ada beberapa tempat makan rawon yang wajib kamu coba seperti dilansir dari Tribun Travel dan Kompas.com. Daftar harga dan jam buka yang tertera di bawah ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Apabila keluar rumah, sebaiknya tetap perhatikan protokol kesehatan. Nasi uduk ini bisa juga dibungkus dan makan di rumah.

1. Rawon Kalkulator

Namanya saja sudah unik. Warung ini memang dikenal salah satunya karena sang penjual punya kemampuan menghitung harga makanan pembeli dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Terletak di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, warung ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-03.00 WIB.

Kamu bisa mendapatkan rawon di sini dengan kisaran harga mulai dari Rp 30.000.

Segarnya Rawon Kalkulator yang tersohor di Surabaya, selain karena kelezatannya juga keunikan hitungan sang pramusajinya.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Segarnya Rawon Kalkulator yang tersohor di Surabaya, selain karena kelezatannya juga keunikan hitungan sang pramusajinya.

2. Rawon Mayit

Dalam bahasa Jawa, mayit berarti mayat atau jenazah. Namun tak perlu khawatir, rawon ini tak seseram namanya.

Rawon ini disebut rawon mayit karena lokasi warungnya berdekatan dengan kamar mayat RSU dr Soetomo Surabaya di Jalan Mayjend Prof. Dr. Moestopo, No. 6-8, Gubeng, Surabaya.

3. Rawon Nguling

Terletak di Jalan Kendang Sari Industri Nomor 41 B, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, kedai ini telah buka sejak tahun 1940-an dan dirintis oleh Mbah Karyoredjo.

Rawon disajikan dengan tauge segar dan pendamping lainnya seperti gorengan dan telur asin. Rawon Nguling buka setiap hari pukul 07.30-21.00 WIB.

Kisaran harga rawon di Rawon Nguling memang agak mahal, tergantung dengan jenis rawon apa yang kamu pilih. Ada nasi rawon hingga rawon iga dan rawon buntut dengan harga mulai dari Rp 26.000 – Rp 65.000.

4. Rawon Pak Pangat

Di Rawon Pak Pangat kamu bisa menemukan banyak varian rawon seperti rawon krengsengan, rawon campur, sampai rawon empal suwir.

Kedai Rawon Pak Pangat terletak di Jalan Ketintang Baru Selatan, I/15, Gayungan, Surabaya dan buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

Kisaran harga makanan di Rawon Pak Pangat yakni mulai dari Rp 26.000 – Rp 36.000, tergantung rawon jenis apa yang kamu pilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X