4 Jenis Tepung buat Goreng Ikan dan Seafood, dari Terigu sampai Tepung Beras

Kompas.com - 24/06/2020, 12:12 WIB
Ilustrasi beragam tepung gluten-free. Tepung gram sampai tepung beras. SHUTTERSTOCK/BAIBAZIlustrasi beragam tepung gluten-free. Tepung gram sampai tepung beras.

KOMPAS.com - Terdapat beragam cara mengubah ikan dan seafood menjadi sajian nikmat, mulai dari digoreng sampai dibikin sayur.

Menggoreng ikan dan seafood cenderung lebih praktis, tak memerlukan banyak bahan, dan waktu pembuatannya pun cepat.

Baca juga: Cara Simpan Ikan dan Seafood Mentah yang Benar di Kulkas

Kalau suka seafood goreng, biasanya ada yang pakai tepung. Seperti udang bungkus tepung maupun ikan yang hanya diberi sedikit tepung.

Melansir The Spruce Eats, terdapat setidaknya empat jenis tepung yang bisa dipakai untuk menggoreng ikan dan seafood.

1. Tepung beras

Ilustrasi tepung beras. SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES Ilustrasi tepung beras.

Tepung beras dibuat dari beras putih maupun beras merah. Tepung ini biasa digunakan pada kuliner khas Asia, khususnya Asia Tenggara, Jepang, dan selatan India.

Tepung beras lebih ringan daripada tepung serbaguna dan bikin ikan ataupun seafood goreng lebih renyah. Jenis ini cocok untuk adonan tempura.

Berhubung hanya terbuat dari beras, tepung ini gluten-free yang memungkinkan dikonsumsi oleh orang yang sedang diet gluten.

2. Tepung gandum

Terdapat beragam jenis tepung yang terbuat dari gandum. Ada yang disebut tepung semolina dan terigu atau tepung serbaguna, sampai tepung gandum yang digiling pakai batu.

Semolina terbuat dari gandum jenis yang beda, tetapi teksturnya tidak sehalus tepung serbaguna.

Coba saja ganti tepung serbaguna dengan semolina atau tepung gandum yang digiling pakai batu. Pakai tepung tersebut, bikin ikan dan seafood goreng punya tekstur renyah, tetapi tidak keras.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X