Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Ayam Betutu Khas Jembrana, Lengkap Pakai Sambal Matah dan Terasi

KOMPAS.com - Ayam betutu merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kabupaten Jembrana, Bali. 

Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Gusti Ketut Candra Wati Tamba menjelaskan bahwa penamaan ayam betutu diambil dari kata "be", yang dalam bahasa Bali artinya daging.

"Dagingnya bisa pakai daging ayam atau bebek, nanti dikasih bumbu rempah, dan pengolahan dagingnya direbus," kata Candra saat acara Live Gedor: Masak Ayam Betutu Khas Jembrana pada Rabu (21/9/2022).

Bila berkunjung ke Jembrana, kuliner ayam betutu ini mudah ditemui di sekitar terminal Gilimanuk, tepatnya ada di Anjungan Betutu Gilimanuk.

Candra mengatakan ayam betutu khas Jembrana ini nikmat disantap bersama seporsi nasi putih hangat, sambal terasi, sambal matah, serta sayur gonde khas Bali, dan taoge.

Saat ini kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke Bali untuk mencicipi ayam betutu khas Jembrana.

Kamu juga bisa membuat ayam betutu khas Jembrana di rumah mengikuti resep yang diberikan oleh Candra kepada tim Foodplace berikut ini.

Cara membuat ayam betutu khas Jembrana

1. Masukkan ayam, 1/2 sendok teh garam, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, dan air bersih ke dalam panci, lalu tutup panci dan masak ayam menggunakan api sedang selama lima menit.

2. Setelah air rebusan ayam mendidih, baluri ayam dengan bumbu halus dan masak kembali hingga daging ayam matang sekitar 15 menit. Ayam betutu siap diolah sesuai selera, seperti digoreng garing di dalam minyak panas.

Cara membuat sambal terasi:

Ulek cabai, terasi, dan garam hingga halus, kemudian tambahkan tiga sendok air bersih. Setelah itu tumis dengan satu sendok minyak kelapa dan sajikan bersama perasan jeruk limau.

Cara membuat sambal bawang matah:

Campur semua bahan irisan dengan garam, minyak kelapa, dan jeruk limau, lalu sajikan sebagai pelengkap ayam betutu khas Jembrana.

https://www.kompas.com/food/read/2022/09/22/180300875/resep-ayam-betutu-khas-jembrana-lengkap-pakai-sambal-matah-dan-terasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke