Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Unik Sendok Elektrik Jepang yang Dapat Tingkatkan Rasa Asin

Kompas.com - 27/05/2024, 17:31 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada tahun 2024, Jepang menghadirkan inovasi unik dengan sendok berteknologi tinggi yang menciptakan medan listrik di dalam mulut untuk mengelabuhi otak agar makanan terasa lebih asin dari yang sebenarnya.

Kirin Holdings, setelah janjinya pada tahun 2022, kini sendok garam elektrik Elecisalt telah hadir dan sudah mulai dijual.

Melansir dari laman Sora News 24, sendok ini bekerja dengan mengirimkan muatan listrik ke makanan dan menciptakan medan listrik di sekitar lidah yang membuat ion natrium berkumpul dan menciptakan persepsi rasa yang lebih kuat.

Baca juga: Jepang Sengaja Tutupi Pemandangan Gunung Fuji dengan Kain, Apa Alasannya?

Meskipun butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan, produk ini akhirnya tersedia untuk dijual ke masyarakat.

Kirin Holdings telah mengembangkan sumpit dan mangkuk penambah rasa asin elektrik, tetapi fokusnya adalah pada sendok garam elektrik karena penelitiannya menunjukkan bahwa kaldu ramen dan sup adalah godaan umum bagi mereka yang ingin mengurangi natrium.

Sendok garam elektrik juga direkomendasikan untuk nasi kari dan nasi goreng karena muatan listriknya dapat meningkatkan rasa umami.

Tidak untuk semua orang 

Namun, ada sejumlah orang yang tidak disarankan menggunakan produk ini, terutama mereka yang memiliki kondisi medis tertentu.

Beberapa di antaranya, orang dengan gangguan saraf wajah, alergi logam, atau implan medis bertenaga listrik, serta mereka yang tidak bisa merasakan rasa sakit atau suhu.

Baca juga: Resep Sambal Bawang Teri Asin, Lauk Praktis untuk Sahur di Rumah

Orang yang sedang dalam perawatan gigi, wanita hamil, dan anak-anak juga disarankan untuk menggunakan sendok konvensional.

Sendok garam elektrik saat ini ditawarkan secara online langsung dari Kirin di sini, dengan harga 19.800 yen atau sekitar Rp 2.029.072.

Jumlah terbatas 

Namun, karena jumlah awalnya terbatas hingga 200 unit, pembeli sendok garam elektrik ini akan dipilih melalui undian di antara mereka yang melakukan pemesanan mulai dari 20 Mei 2024 sampai 2 Juni 2024.

Pengiriman dijadwalkan dilakukan pada pertengahan Juni dan stok ulang dijadwalkan pada tanggal berikutnya.

Baca juga: 7 Manfaat Konsumsi Satu Sendok Madu Setiap Hari, Cegah Kanker dan Penuaan

Sendok garam elektik ini juga akan tersedia di beberapa cabang toko peralatan rumah tangga Jepang, Hands, pada bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com