Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Bikin Ikan Bakar agar Bumbunya Meresap

KOMPAS.com - Kunci kelezatan ikan bakar ada pada bumbunya. Bumbu yang meresap sempurna dapat membuat ikan bakar lebih lezat. 

Ada cara membuat ikan bakar yang enak dan bumbunya meresap sempurna. Salah satu metodenya yakni dengan menambahkan bumbu oles saat ikan dipanggang. 

Selain itu, kamu dapat mempraktikkan tips membuat ikan bakar enak dari buku "Ikan Bakar Populer" karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini.

Salah satu tips membuat ikan bakar enak yakni dengan menggunakan ikan segar. Pilihlah ikan yang matanya menonjol dan insangnya berwarna merah cerah. 

Setelah itu, ikan harus segera dibersihkan dan diolah agar cita rasanya terjaga. 

2. Rendam dengan air asam 

Sebelum dibumbui, coba rendam ikan di air asam terlebih dulu. Bisa memakai air perasan jeruk nipis ataupun lemon. 

Proses perendaman ini membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, merendam ikan di air asam juga dapat membuat hasil bakarannya lebih kenyal dan mengilat.

Durasi perendamannya yakni sekitar 15 menit. Kemudian, bilas ikan, lalu olesi dengan minyak sayur atau tidak lengket saat dibakar.

Ikan harus dibumbu terlebih dulu sebelum dibakar. Bumbu ikan bakar bisa dibuat dari bawang putih, ketumbar, dan kunyit. Altenatif lainnya, yakni menggunakan kecap dan minyak bawang.

Jika suka, kamu pun boleh mengkreasikan bumbu ikan bakar, misalnya dibumbui dengan bumbu betutu atau bumbu rujak. 

Rendam ikan bakar pada bumbu tersebut selama 15-45 menit. Semakin lama direndam, makin meresap pula bumbunya. Namun jangan terlalu lama, supaya ikan tetap segar.

4. Siapkan pemanggang 

Ikan bakar bisa dimasak di atas bara api, teflon, maupun oven.

Dilansir dari "SajianKu VOL 10/I/2014: Serba-Serbi Dibalik Sedapnya Ikan Bakar, Membuat Sate Daging Yang Empuk" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo, jika dibakar di atas bara api, lebih baik gunakan arang saja. 

Jangan gunakan minyak tanah, karena aromanya bisa terserap ke dalam daging ikan. 

Selain itu, ikan dan api pemanggang juga harus diberi jarak, sekitar 25 sentimeter. Hal ini perlu dilakukan agar ikan tidak gosong dan bumbunya meresap.

Jangan lupa untuk membolak-balik ikan supaya matang sempurna. Tak hanya itu, ikan pun harus sering diolesi dengan sisaan bumbu rendaman agar rasanya makin nikmat. 

Untuk mengecek kematangannya, tusuk bagian daging ikan menggunakan garpu. Ikan yang sudah matang, dagingnya cenderung mudah terlepas. 

Buku "Ikan Bakar Populer" karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

Buku "SajianKu VOL 10/I/2014: Serba-Serbi Dibalik Sedapnya Ikan Bakar, Membuat Sate Daging Yang Empuk" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/23/210800775/5-tips-bikin-ikan-bakar-agar-bumbunya-meresap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke