Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mia, Dosen yang Daftar PPG Prajabatan dan Lolos PPPK

Kompas.com - 07/04/2024, 10:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi guru itu sudah menjadi cita-cita sejak lama Mia Yolanda Siregar. Apalagi ia adalah anak seorang guru SD di Sumatera Barat. 

Selama 15 tahun Mia dan ibunya harus berpisah. Karena Ibunya mengajar di Padang, Sumatera Barat, sementara dirinya tinggal di Medan, Sumatera Utara.

Keuletan dan semangat ibunya membentuk dirinya ingin menjadi seorang guru. Pasalnya ibu Mia berhasil melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar Sarjana dan berhasil lulus CPNS setelah delapan tahun mengabdi sebagai guru honorer. 

Mia sendiri semakin ingin menjadi guru saat bersekolah MAN 2 Model Medan. Saat itu ada dua guru matematikanya yaitu Gusma dan Roslinawati, mengajar mapel (mata pelajaran) ini dengan cara menyenangkan.

Ternyata dari cara kedua gurunya mengajar matematika ini mendorong Mia berani memilih S1 Pendidikan Matematika di UIN Sumatera Utara.

Lulus kuliah, lanjut jadi guru honorer

Mia pernah bekerja sebagai tenaga pengajar di Bimbingan Belajar Ganesha Operation Medan. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 Pendidikan Matematika di Unimed, sambil menjalankan peran sebagai guru honorer di MAN 2 Model Medan, tempat dia belajar dahulu dan di mana guru-guru terdahulu menjadi rekan kerjanya.

Baca juga: Cerita Ventri Pernah Putus Sekolah, Kini Lulusan Terbaik S2 Unair

Namun, perjalanan karier Mia mengalami perubahan saat ia menikah dan harus pindah kota. Meskipun ini mengharuskannya melepaskan jabatannya sebagai guru honorer di MAN 2 Model Medan, semangatnya sebagai pendidik terus berkobar, siap menghadapi tantangan baru yang akan menghadapinya

Perjalanan menjadi dosen, lalu pilih daftar PPG Prajabatan

Mia sempat diterima sebagai seorang dosen di Universitas yang berada di Kota Medan. Setelah satu tahun menjalankan profesi sebagai dosen, Mia memilih kembali menjadi guru melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Keputusan ini diambil setelah pertimbangan matang, karena Mia sejak awal memiliki panggilan jiwa sebagai guru.

Mia mengatakan, meskipun gelar S2 memberikan landasan ilmiah yang kuat, PPG Prajabatan sebagai jembatan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata.

Bagi Mia, program ini juga memberikan pengalaman langsung dalam mengimplementasikan kebijakan dan kurikulum terbaru, menjadi langkah strategis dalam merespons dinamika kebutuhan pendidikan dan terlibat secara aktif dalam pengembangan kurikulum yang relevan dengan perkembangan terkini dalam dunia pendidikan.

Tahun 2022 menjadi momentum penuh makna bagi perjalanan pendidikan Mia yang baru. Mia memutuskan untuk mendaftar program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Mia lulus seleksi PPG Prajabatan Gelombang 2 yang ditempatkan di LPTK Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Baca juga: Cerita Devy, Lulus S2 Kedokteran Unair yang Gapai IPK 4,00

Selain memperoleh pengetahuan yang mendalam, terutama dalam pemahaman filosofis pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara untuk memahami bahwa pendidikan dan pengajaran harus selaras dengan kodrat alam dan kodrat zaman yang diikuti oleh peserta didik.

Mia juga dapat menggali pengetahuan seputar penerapan Kurikulum Merdeka. Mampu merancang pembelajaran yang sesuai dengan profiling peserta didik, menciptakan modul terbuka, serta mengembangkan proses pembelajaran berdiferensiasi yang memerdekakan guru dan siswa. Selain itu, juga mencakup kegiatan evaluasi hingga refleksi pembelajaran.

"Melalui PPG Prajabatan, tidak hanya meningkatkan keterampilan mengajar, tetapi juga berhasil berkolaborasi dengan guru pamong, menerapkan teknologi dalam kegiatan evaluasi pembelajaran seperti Kahoot, Quizizz, dan Wordwall. Keseluruhan pengalaman ini menjadi bukti nyatanya dalam komitmen dalam mengangkat standar profesionalisme di bidang pendidikan," jelasnya secara rinci.

Sukses menjadi Konten Kreator dan Lulus ASN PPPK Guru

Mia berhasil menciptakan inovatif yang inspiratif melalui platform TikTok. Bermula dengan tujuan menyebarkan informasi tentang PPG Prajabatan, Mia mampu mengumpulkan 27.600 pengikut dari awalnya hanya 100 saja.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com