Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Rekor MURI, Universitas MH Thamrin Berbagi Inspirasi dan Inovasi Bidang Keperawatan

Kompas.com - 22/02/2024, 18:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Keperawatan Universitas MH Thamrin Jakarta meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri) lewat Buku Antologi "Curhatan Mesra (Menulis Bersama) Sang Perawat: Cerita Inspiratif Perawat dalam Perjalanan Seumur Hidup".

Rekor Muri diraih untuk Penulisan Karya Mahasiswa Keperawatan Terbanyak melibatkan 134 mahasiswa keperawatan Program Alih Jenjang dan dua dosen Prodi Keperawatan pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan dalam Keperawatan.

Antologi yang merangkum lima buku ini berisi kumpulan kisah inspiratif pengalaman paling berkesan dari para mahasiswa keperawatan dan diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi pembaca tentang kehidupan profesi perawat di Indonesia.

Perayaan penerimaan Rekor Muri ini dilakukan dalam rangkaian acara Kuliah Umum "Menggurat Cerita Digital: Merangkai Cerita dan Inovasi di Era Nursing Informatic" yang diadakan di Auditorium Dr. Abdul Radjak, Kampus A MH Thamrin, Pondok Gede, Jakarta (22/2/2024).

Selain peluncuran buku, dalam kuliah umum kali ini 102 mahasiswa program reguler prodi keperawatan juga menggelar pameran hasil inovasi berbasis kecerdasan buatan dan informatika.

Sebanyak 12 karya inovasi aplikasi mereka terbagi dalam beberapa bidang karya meliputi keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, hingga keperawatan komplementer. 

Terkait kegiatan yang digelar, Ketua Yayasan Abdul Radjak, dr. Abdul Firman dalam kesempatan tersebut menegaskan komitmen Universitas MH Thamrin untuk  menjadi yang terdepan, terbaik, dan terkini dalam memberikan ilmu, khususnya ilmu keperawatan.

"Pihak Yayasan memberikan dukungan terhadap berbagai inovasi ini. Hal ini sudah menjadi keniscayaan. Kita tidak bisa menafikan kemajuan teknologi yang juga mempengaruhi dunia keperawatan," ujar Abdul Firman.

"Kita berusaha agar tenaga kesehatan ini jangan gaptek (gagap teknologi) terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi," tegasnya lagi.

Baca juga: Kuliah Umum di Untag Banyuwangi, Dirjen Kebudayaan Ajak Peneliti dan Mahasiswa Majukan Kebudayaan

Ketua Yayasan Abdul Radjak ini juga memberikan apresiasi atas capaian Rekor Muri yang diraih Prodi Keperawatan Universitas MH Thamrin. "Ini terobosan yang baik untuk menumbuhkan kembali literasi," tambahnya.

Mengembangkan Sisi Kemanusiaan dan Teknologi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com