Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 16:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat tumpah ruah ke jalan pesisir pantai Bantemi dan pusat Kota Kaimana. Kehadiran mereka untuk menyaksikan pesta adat, ritual dayung perahu, dan Karnaval Pawai Budaya.

Rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Kaimana akan berlangsung 3-10 Juni 2023 dengan berbagai kegiatan mulai dari karnaval budaya hingga pesta rakyat dengan berbagai hiburan dan pertunjukan.

Berbagai suku yang ada di Kaimana ikut memeriahkan ulang tahun Kabupaten Kaimana ke-20. Bahkan ada juga suka dari luar seperti Buton Sulawesi Tenggara, Jawa, Batak Sumatera Utara, Madura, Sulawesi Selatan yang tinggal di Kaimana memeriahkan kegiatan tersebut.

Sebelum rangkain acara berlangsung pemerintah daerah dan masyarakat suku adat Kabupaten Kaimana melakukan doa dan syukuran.

Dalam kegiatan itu juga di sajikan makanan khas adat dari delapan suku adat dari Kaimana, di antaranya makanan Guru-guru dan Tetut dari suku Irarutu, Saudo elit suku Kuri, Tiraga Suju suku Madewana, Kuah Mias dari suku Koiway, Gwehera dari suku Oburauw, Mukumbadiara suku Miere, Awortutu Suju dari suku Mairasi dan Sinoli Erega suku Napati

Doa dari perwakilan suku dan sajian makanan disebutkan kepala adat sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas usianya Kaimana sudah ke 20 tahun. Sedangkan sajian makanan adalah cara adat dari leluhur yang mengartikan bentuk komunikasi sesama suku.

"Doa perwakilan dari suku bentuk rasa syukur atas usianya Kaimana ke-20. Tentunya kita berharap pemerintah daerah betul-betul memperhatikan masyarakat Kaimana semua suku," ungkap Bupati Kaimana Freddy Thie melalui rilis resmi (8/6/2023).

"Dan makanan adalah adat istiadat dari nenek moyang Kaimana bentuk sebagai komunikasi. Dengan makanan segala sesuatu dapat kita selesaikan dengan baik," lanjutnya. 

Rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Kaimana akan berlangsung 3-10 Juni 2023 dengan berbagai kegiatan mulai dari karnaval budaya hingga pesta rakyat dengan berbagai hiburan dan pertunjukan.DOK. KAB KAIMANA Rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Kaimana akan berlangsung 3-10 Juni 2023 dengan berbagai kegiatan mulai dari karnaval budaya hingga pesta rakyat dengan berbagai hiburan dan pertunjukan.

Setelah doa adat Bupati dan Wakil menaiki perahu untuk mendayung menyisir laut Kaimana. Kegiatan di lanjutkan pelepasan karnaval dari perwakilan masyarakat yang ada di Kaimana.

Rangkaian acara dilakukan sebagai bentuk menumbuhkan rasa kecintaannya kepada adat istiadat dan leluhur.

Lebih jauh Bupati Kaimana menjelaskan, kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur usia Kaimana yang ke-20. Di sisi lain untuk menumbuhkan kecintaanya pada suku adat yang ada di Kaimana. Ini juga mengenalkan kepada generasi penerus.

"Dua puluh tahun sudah Kaimana usianya, dan kita harapkan di usia ke-20, terus maju dan berkembang," ujar Bupati Kaimana.

Baca juga: Lewat Playground of Mataram, Sekolah Cikal Ajak Anak Didik Cintai Budaya Bangsa

"Dan tidak kalah penting rangkaian itu pula sebagai bentuk mengenalkan Kaimana kepada masyarakat luas. Kaimana yang saat ini berada di Provinsi Papua Barat terus berusaha mengembangkan potensi wisata ke seluruh pelosok," tambahnya.

"Masyarakat luar biar tahu banyak tempat wisata yang cantik dan indah utama di Provinsi Barat, salah satunya di Kabupaten Kaimana. Kita punya Teluk Triton, dan bisa bermain dengan hiu, serta Senja Kaimana yang indah," tutup Freddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com