Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 16:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengukuhkan dua guru besar baru di bidang Konversi Energi dan Pemeliharaan Mesin dan Teknik Pengairan.

Pengukuhan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas Polinema.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Bagus Wahyudi sebagai Guru Besar pada bidang Konversi Energi dan Pemeliharaan Mesin di Jurusan Teknik Mesin dan Prof. Ratih Indri Hapsari sebagai Guru Besar pada bidang Teknik Pengairan di Jurusan Teknik Sipil.

Pengukuhan dilakukan melalui Rapat Terbuka Senat Akademik yang digelar di Aula Pertamina Polinema, pada Selasa (6/6/2023).

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada kedua guru besar yang baru dikukuhkan tersebut.

Menurutnya, dengan penambahan dua guru besar tersebut saat ini Polinema memiliki enam guru besar yang diharapkan akan memberikan dampak luar biasa kepada kampus.

"Keberadaan guru besar bermanfaat bagi institusi, jurusan, program studi dan mahasiswa," kata Supriatna dalam keterangannya dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud.

Menurut Supriatna, tambahan dua guru besar ini menjadi pendorong bagi Polinema untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: 23 Kampus yang Ditutup, Kemendikbud: Banyak di Jakarta dan Jabar

"Diharapkan ini dapat menjadi motivasi bagi dosen lainnya untuk bisa segera mengikuti jejak langkah para guru besar yang sudah ada," jelas dia.

Saat ini, menurut Supriatna, Polinema memiliki 95 orang tenaga pendidik yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang S3 yang rata-rata berada pada jabatan Lektor Kepala.

Tujuh dosen di antaranya, kata dia, sedang mengikuti proses persiapan pengajuan guru besar.

Supriatna juga menyampaikan berbagai prestasi yang telah dicapai oleh Polinema, di antaranya meraih dua penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbud Ristek untuk Pendidikan Tinggi Vokasi.

Supriatna juga menyampaikan tentang prodi Polinema yang terakreditasi Unggul sudah mencapai 6 prodi, terakreditasi A sejumlah 4 prodi, dan terakreditasi Baik Sekali 1 prodi.

Baca juga: Alumnus Itenas Ini Menangkan Sayembara Logo IKN Nusantara

Lalu terakreditasi B sejumlah 13 prodi, 22 prodi terakreditasi Baik, serta 20 program studi telah berhasil meraih Akreditasi Internasional dari ASIC-UK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com