Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 15:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan silaturahmi dengan diaspora Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu (7/6/2023) malam.

Silaturahmi ini dilakukan secara spontan disela kunjungan kerja (kunker) di Negeri Jiran.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Pria yang akrab disapa Zulhas ini berbincang hangat dengan puluhan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja dan menempuh pendidikan di negara tetangga Indonesia tersebut.

Saat berbincang, dia memberikan banyak pesan. Salah satunya diaspora Indonesia harus bangga menjadi perwakilan atau duta Merah Putih.

"Pesan saya kepada adik-adik, kepada anak-anakku, pelajar yang ada di Malaysia, banggalah kalian menjadi duta Merah Putih, duta Indonesia, karena kita sekarang menjadi negara nomor 16 besar di dunia, insya Allah beberapa tahun mendatang menjadi ekonomi terbesar kesembilan dunia," kata dia dalam keterangannya, Kamis (8/6/2023).

Ketua Umum PAN ini mengingatkan para diaspora Indonesia, khususnya yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa, agar selalu belajar dengan sungguh-sungguh.

"Kalau anak-anakku sungguh-sungguh bisa menjadi apa saja di Tanah Air kita. Kita negara demokrasi, apapun background kita, kita bisa menjadi apa saja," katanya.

Zulhas mencontohkan dirinya yang merupakan anak seorang petani di kampung, kini berhasil menjadi menteri.

Bukan hanya dia, mantan Ketua MPR itu juga mencontohkan Jokowi yang dahulunya pengusaha mebel, bisa menjadi wali kota, gubernur hingga presiden negeri ini.

"Pendek kata anak-anakku bisa menjadi apa saja. Oleh karena itu belajarlah sungguh-sungguh. Tidak banyak anak-anak yang bisa seberuntung kalian belajar di negeri orang," jelas dia.

Baca juga: Alumnus Itenas Ini Menangkan Sayembara Logo IKN Nusantara

Dia menegaskan, mungkin banyak masyarakat Indonesia yang kurang beruntung mendapat kampus terbaik seperti adik-adik atau pelajar Indonesia di Malaysia.

Maka dari itu, semua diaspora Indonesia yang ada di Malaysia harus selalu belajar sungguh-sungguh.

"Karena kalian lah harapan kita, harapan Indonesia," jelas dia.

Zulhas di Malaysia melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri Malaysia Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz.

Baca juga: 52 Kampus Bermasalah, Kemendikbud: Paling Banyak di Jabar

Selanjutnya meresmikan pembukaan Domart, minimarket pertama di Malaysia yang menjual 100 persen produk Indonesia, hingga menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kuala Lumpur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com