Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Jadi Rujukan Pendidikan untuk Pelaut

Kompas.com - 23/04/2024, 19:20 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai lembaga pendidikan kepelautan tertua di tanah air, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar terus menjadi rujukan dari para pelaut.

Untuk meningkatkan kemampuan para pelaut, kampus yang berusia 103 tahun pada tahun ini membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) peningkatan keahlian untuk para pelaut.

Baca juga: Sudah Akhir April, Kapan Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka?

Menurut Direktur PIP Makassar Capt. Rudy Susanto, diklat peningkatan keahlian pelaut yaitu diklat yang diperuntukkan bagi pelaut dan industri maritim yang telah memiliki sertifikat keahlian pelaut yang ingin meningkatkan keahliannya.

"Kali ini kami membuka Program Diklat Pelaut Tingkat III (DP-III) untuk program studi Nautika dan Teknika," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (23/4/2024).

Informasi lengkap pendaftarannya, para peserta bisa mengakses https://pipmakassar.ac.id/ atau menghubungi 0821-7708-7180 atau bisa datang langsung ke dua kampus PIP Makassar pada alamat Jl. Tentara Pelajar No. 173 dan Jl. Salodong, Biringkanaya.

Dia menambahkan, diklat ini diperuntukkan bagi pelaut dan industri maritim yang telah memiliki sertifikat Keahlian Pelaut Tingkat IV dengan pengalaman berlayar minimal 30 bulan dengan jabatan Mualim pada kapal minimal GT 500 atau masa layar minimal 12 bulan bagi pemilik sertifikat ANT-IV Manajemen untuk jurusan Nautika.

Bisa juga jabatan Masinis pada kapal minimal Daya Mesin 750 KW atau masa layar minimal 12 bulan bagi pemilik sertifikat ATT-IV Manajemen untuk dididik selama 7 bulan untuk memperoleh sertifikat keahlian pelaut ANT-III (Ahli Nautika Tingkat - III) atau 8 bulan untuk memperoleh sertifikat keahlian pelaut ATT-III (Ahli Teknika Tingkat - III).

Baca juga: Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Buka Jalur Mandiri untuk 3 Prodi

Kabag. Akademik dan Ketarunaan PIP Makassar, Budi Joko Raharjo menjelaskan, sebagai lembaga yang berada di bawah BPSDMP Kementerian Perhubungan, PIP Makassar memegang teguh misi untuk melahirkan pelaut handal yang mampu mengarungi seluruh belahan samudera, menguasai teknologi, dan bersaing dengan kehandalan para pelaut internasional.

"Keberlanjutan visi ini memotivasi PIP Makassar untuk terus berupaya maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten tetapi juga berkualitas internasional," ungkap dia.

Budi menambahkan, PIP Makassar mendukung visi Kementerian Perhubungan untuk memastikan Indonesia memiliki pelaut-pelaut terbaik yang dapat bersaing di panggung global.

Baca juga: Syarat Daftar Politeknik Imigrasi, Sekolah Kedinasan Kemenkumham

"Sebagai langkah konkret menuju visinya, PIP Makassar akan terus mengukir prestasi dengan meningkatkan akreditasi politekniknya, yang saat ini telah meraih Akreditasi Unggul. Keberhasilan ini menandakan komitmen PIP Makassar dalam memberikan pendidikan maritim berkualitas tinggi," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com