Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Buka Jalur Mandiri untuk 3 Prodi

Kompas.com - 18/04/2024, 20:12 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menghasilkan ratusan lulusan calon pelaut handal dan terserap oleh dunia usaha pada setiap tahun, maka Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar kembali membuka Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru (Sipencatar) lewat jalur mandiri.

Direktur PIP Makassar, Capt Rudy Susanto menjelaskan, dirinya memiliki visi menjadikan PIP Makassar sebagai perguruan tinggi pelayaran terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) perhubungan dan riset di bidang pelayaran.

Baca juga: Jadwal Pendaftaran 22 Politeknik Milik Kemenhub 2024, Lulus Jadi CPNS

Tidak hanya itu, PIP Makassar juga memiliki misi menyelenggarkan pendidikan bidang pelayaran untuk menghasilkan lulusan yang prima, profesional dan beretika, mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis ilmu.

"Bagi para remaja yang belum mendapat kesempatan lolos pada Sipencatar Diploma VI jalur Pola Pembibitan (Polbit) tidak perlu khawatir. Sebab kami kembali membuka pendaftaran untuk Sipencatar Diploma VI jalur Non Pola Pembibitan atau Jalur mandiri," kata Capt Rudy dalam keterangan resminya, Kamis (18/4/2024).

Dia menyebut, pada Sipencatar jalur mandiri ini akan dibuka tiga program studi, yakni Diploma VI Nautika, Diploma VI Tenika, dan Diploma VI Ketatalaksanakan Angkutan Laut dan Kepalabuhan (KALK).

Adapun jadwal waktu pendaftarannya, Gelombang II dimulai dari 1 April hingga 3 Mei, Gelombang III dari 13 Mei hingga 21 Juni, dan Gelombang IV dari 1 Juli hingga 16 Agustus 2024.

Capt Rudy menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi dari pelaksanaan jalur mandiri ini, yakni:

  • Diploma VI Nautika adalah merupakan lulusan SMA/MA sederajat jurusan IPA atau SMK Pelayaran Jurusan Kemaritiman Nautika Kapal Niaga dan Nautika Kapal Penangkap lkan.
  • Diploma VI Teknika lulusan SMA/MA sederajat jurusan IPA atau SMK Pelayaran Jurusan Kemaritiman Teknika Kapal Niaga. Dan untuk Diploma VI KALK SMA/MA Jurusan IPA dan IPS, SMK/MAK Jurusan Bianis dan Manajemen (Pemasaran, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Lembaga), Juruaan Teknik Komputer dan Jaringan, Logistik.

"Untuk lebih lengkapnya, para calo taruna dapat mengakses https://pipmakassar.ac.id/ atau menghubungi nara hubung kami di 0821-7708-7180 atau bisa datang langsung ke dua kampus PIP Makassar di Jl. Tentara Pelajar No. 173 dan Jl. Salodong, Biringkanaya," ungkap dia.

Sistem pendidikan PIP Makassar

Kapala Bagian Akademik dan Ketarunaan PIP Makassar, Budi Joko Raharjo menjelaskan PIP Makassar telah berusia 103 tahun. Namun, PIP Makassar terus memperbaharui sistem pendidikan, pola pengajaran, dan menggunakan teknologi terbaru.

Dengan begitu, perguruan tinggi ini bisa menjadi terdepan dalam melahirkan sumber daya manusia pelaut yang handal, sehingga dapat diserap oleh industri pekerjaan.

Baca juga: Staf Mendikbud: Penerima PIP Dikdasmen Harus Diprioritaskan Dapat KIP Kuliah

"Untuk penyerapan lulusan di dunia kerja dapat disyukuri bahwa PIP Makassar merupakan sasaran dari industri untuk mendapatkan SDM pelaut dan tenaga lainnya dibidang pelayaran," jelas dia.

Budi juga mengatakan kemampuan bahasa Inggris para taruna PIP Makassar tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, saat ini mayoritas taruna dan taruni di politeknik merupakan para generasi milenial yang sudah biasa, bahkan menguasi bahasa Inggris.

Hal ini dapat dilihat saat mereka melakukan test yang kami siapkan sebagian besar lulus dengan baik bahkan mendapatkan nilai di atas rata.

Baca juga: Cek Syarat Terbaru Penerimaan Politeknik Siber dan Sandi Negara 2024

"Tidak hanya itu, kelompok pengajar bahasa Inggris juga selalu melakukan trobosan yang membuat taruna menjadi bisa dan menyukai bahasa dunia tersebut," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com