Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Politeknik Imigrasi? Cek Syarat Daftarnya

Kompas.com - 31/03/2024, 14:22 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu sekolah kedinasan milik Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) adalah Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Politeknik Imigrasi juga akan membuka penerimaan taruna taruni baru pada pendaftaran sekolah kedinasan 2024/2025.

Hingga saat ini, jadwal pendaftaran sekolah kedinasan hingga kuota yang dibutuhkan memang belun ada informasi resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Namun jika mengacu pada pendaftaran sekolah kedinasan tahun lalu, Kemenkumham menyediakan kuota sebanyak 525 kebutuhan baik untuk Politeknik Migrasi (Poltekim) maupun Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Baca juga: Dokumen untuk Daftar Poltekip, Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Apakah lulusan SMK bisa masuk Politeknik Imigrasi

Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 4 tahun setara dengan Strata 1 (S-1).

Politeknik Imigrasi ini termasuk salah satu sekolah kedinasan favorit karena siswa yang diterima di Politeknik Imigrasi akan menerima sejumlah benefit.

Lulusan Politeknik Imigrasi punya kesempatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkumham tepatnya di jajaran keimigrasian .

Selain itu, biaya pendidikan sekolah kedinasan Kemenkumham yakni Poltekip dan Poltekim tidak dibebankan kepada taruna taruni. Pasalnya seluruh biaya kuliah ditanggung pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN).

Sebelum pendaftaran sekolah kedinasan 2024 resmi dibuka, ada baiknya kamu tahu kriteria siswa yang boleh mendaftar di Politeknik Imigrasi.

Salah satunya apakah lulusan SMK bisa masuk Politeknik Imigrasi? Jika sudah tahu kriteria siswa yang boleh mendaftar Politeknik Imigrasi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan persyaratan lainnya.

Mengacu pada syarat masuk sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi tahun 2023, kriteria siswa yang boleh mendaftar hanya dicantumkan pendidikan SLTA sederajat. Namun tidak ada keterangan lainnya terkait program pendidikan pendaftar.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Politeknik Imigrasi memperbolehkan lulusan SMK untuk mendaftar.

Baca juga: Cerita Maya, Berhasil Raih Gelar Doktor di ITB pada Usia 24 Tahun

Syarat daftar Politeknik Imigrasi

 

Berikut persyaratan lengkap yang perlu diketahui lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Imigrasi:

1. Warga Negara Republik Indonesia (Laki-laki / Perempuan).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com