Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM dan Qatar Sepakati Kerja Sama di Bidang Pendidikan

Kompas.com - 07/06/2023, 16:02 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan delegasi dari negara Qatar yang dipimpin oleh Menteri Negara, Hamad bin Abdulaziz al-Kawari.

Rombongan diterima secara langsung oleh Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha, dan Kerja Sama, Igantius Susatyo Wijoyo di Ruang Sidang Pimpinan Kantor Pusat UGM, Rabu (7/6/2023).

Baca juga: 23 Kampus yang Ditutup, Kemendikbud: Banyak di Jakarta dan Jabar

Dalam kunjungan tersebut dibahas kemungkinan kerja sama yang dapat dijalankan antara UGM dan Qatar baik dalam bidang pendidikan, penelitian, dan bidang lainnya.

Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha, dan Kerja Sama, Igantius Susatyo Wijoyo menyambut baik kunjungan Menteri Negara Qatar dan rombongan ke UGM.

Dia mengatakan kunjungan kali ini menjadi titik awal untuk kolaborasi antara UGM dengan perguruan tinggi serta industri di Qatar.

"Pertemuan ini menandakan kesediaan kita untuk saling berkolaborasi dan akan menjadi landasan yang kokoh bagi kegiatan bersama kita di masa mendatang," tutur dia.

Susatyo mengatakan Qatar maupun Indonesia memiliki ketertarikan yang sama untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Kemendikbud: Mahasiswanya Akan Difasilitasi Pindah

UGM pun siap mengambil bagian di dalamnya terutama untuk kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kita perlu bekerja sama untuk mewujudkan kolaborasi UGM dan Qatar. Jadi, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mendorong fakultas dan pusat penelitian UGM untuk menindaklanjuti lebih lanjut peluang-peluang kerja sama yang bisa dijalankan dengan Qatar dan hasilnya dapat segera dirasakan," jelas dia.

Menteri Negara Qatar, Dr. Hamad Al Kawari menyampaikan pendidikan merupakan sektor penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya mendorong pembangunan bagi bangsa.

Oleh karena itu, membangun kolaborasi dan kerja sama dalam bidang pendidikan menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

"Qatar memiliki banyak perguruan tinggi dan kami berupaya keras untuk membangun kerja sama antara perguruan tinggi dengan berbagai mitra termasuk UGM," ungkap dia.

Sebelumnya belum ada kerja sama antara Qatar dengan UGM sehingga harapannya ke depan akan terjalin kerja sama dan berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com