Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Gelar Pemaparan Visi Misi 4 Bakal Calon Rektor 2023-2027

Kompas.com - 07/06/2023, 13:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta menggelar pemaparan visi misi para Bakal Calon Rektor (Bacarek) UNJ periode 2023-2027 pada Rabu, 7 Juni 2023, di Kampus A UNJm Jakarta. Acara ini juga disiarkan secara daring melalui Youtube Edura TV UNJ dan IG UNJ Official.

Adapun empat Bacarek UNJ memaparkan visi misi mereka, yakni:

  • Prof. Ucu Cahyana (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).
  • Prof. Komarudin (Petahana/Rektor UNJ dari Fakultas Ilmu Sosial).
  • Nofi Marlina Siregar (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M).
  • Muhammad Yusro (Fakultas Teknik).

Prof. Henry Eryanto, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNJ Periode 2023—2027 dalam sambutan mengatakan, acara ini merupakan bagian dari tahap penyaringan Bacarek UNJ untuk dapat ditentukan sebagai Calon Rektor UNJ Periode 2023—2027.

Hal ini, tegas Prof. Henry Eryanto, sesuai Peraturan Senat UNJ Nomor 3 tahun 2023 tentang tata cara pemilihan Rektor UNJ Periode 2023—2027.

Sebagai informasi, dalam tahap penyaringan dari lima calon Bacarek berdasarkan rapat pleno senat UNJ ditetapkan Bacarek yang lolos sebanyak empat orang yang memenuhi syarat. Setelah penyampaian visi, misi dan program kerja, penetapan calon rektor akan dilaksanakan pada rapat senat UNJ.

Penjaringan calon rektor dilakukan paling lambat 2 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan rektor 2019—2023.

"Tentu menjadi harapan kita semua agar tahap ini berjalan dengan lancar dan didukung oleh sivitas akademika UNJ, sehingga nantinya akan terpilih 3 calon rektor yang egaliter dan berkelanjutan," tutup Prof. Henry Eryanto.

Prof. Hafid Abbas, Ketua Senat UNJ dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik. "Selanjutnya Saya ucapkan terima kasih dan selamat berjuang kepada putra-putri terbaik UNJ," ungkapnya.

Baca juga: Romo Katolik Ujian Doktor di UIN Sunan Kalijaga, Rektor Sebut Disertasinya Menarik

Setelah acara penyampaian visi misi dan program kerja hari ini, selanjutnya akan dilakukan rapat pleno tertutup senat berlangsung 13 Juni 2023 dan terakhir pemilihan calon rektor pada 17 Juli 2023 yang akan dihadiri Menteri atau yang mewakili dan akan memberikan bobot suara sebanyak 35% dari seluruh suara senat.

"Pemilihan calon rektor sebagai hajatan demokrasi UNJ 4 tahunan kali ini sungguh bersejarah karena dilaksanakan pada masa transisi UNJ dari PNT-BLU menuju PNT-BH," ungkap Prof. Hafid Abbas.

Dia berharap, siapa pun kelak yang akan memimpin UNJ haruslah tetap dipandu ikhtiar kolektif UNJ yang sesuai dengan lamat statua yang tertuang oleh Permenristekdikti, yakni menjadi universitas bereputasi di Asia dengan misi menyelenggarakan Tri Dharma yang unggul dan berguna bagi kemaslahatan umat manusia.

"Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas maju dan berkeadaban melalui pengembangan penerapan dan penyebar luasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ikhtiar yang mulia ini tak akan mungkin terwujud tanpa iklim kepemimpinan yang kondusif, harmonis dan kebersamaan," tegasnya.

Visi Misi Bacarek UNJ 2023-2027

Prof. Ucu Cahyana

Bacarek UNJ, Prof. Ucu Cahyana mempunyai program kerja yang disebut Trust (Transformasi, Reputasi, Unggul, Sinergi, Terintegrasi). Adapun visinya yakni "Menjadi Universitas Bereputasi yang Berdampak Signifikan dan Berkelanjutan untuk Kemaslahatan Bangsa".

Untuk menggapai visi tersebut Prof. Ucu Cahyana mempunyai misi diantaranya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com