Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UIN Jakarta Siap Buka Prodi Spesialis Obgyn dan Pulmonologi

Kompas.com - 07/06/2023, 09:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta segera memperluas program akademik berupa pembukaan Prodi Spesialis Obgyn dan Pulmonologi.

Kehadiran Prodi Spesialis ini diharap makin memperkuat kontribusi FK UIN Jakarta dalam penanganan berbagai kebutuhan medis publik.

Baca juga: Alumnus Itenas Ini Menangkan Sayembara Logo IKN Nusantara

Dekan FK UIN Jakarta, Dr. Achmad Zaki mengungkapkan, pihaknya kini terus mematangkan persiapan pembukaan dua prodi spesialis. Keduanya, Prodi Spesialis Obgyn dan Prodi Spesialis Pulmonologi.

"Insya Allah kita sudah memulai langkah untuk pembukaan program spesialis. Dalam beberapa waktu akan mandiri sebagai sebuah program spesialis," kata dia dalam keterangannya, Rabu (7/6/2023).

Berbagai tahapan pembukaan prodi spesialis terus dikejar FK UIN Jakarta.

Di antaranya rekomendasi dari kolegium dokter spesialis bidang medis yang jadi fokus program spesialis yang ditawarkan.

"Rekomendasi dari kolegium media sudah didapatkan, Alhamdulillah," jelas dia.

Selain rekomendasi kolegium dokter spesialis, FK UIN Jakarta juga telah mengajukan pembukaan prodi melalui aplikasi SIAGA DIKTI.

Selain itu, FK juga telah melakukan visitasi ke RS Paru Gunawan Partowidigdo Cisarua Bogor sebagai RS Pendidikan Utama oleh Kolegium Pulmonologi.

Diketahui, spesialisasi keilmuan di bidang obgyn adalah program keahlian para dokter di bidang kesehatan reproduksi wanita.

Sedangkan spesialisi keilmuan di bidang Pulnomologi merupakan studi kedokteran yang mempelajari tentang cara menangani adanya gangguan pada sistem pernapasan, seperti bronkus, paru-paru, dan alveolus.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Kemendikbud: Mahasiswanya Akan Difasilitasi Pindah

Pada awal Mei 2023, UIN Jakarta telah menekan nota kerjasama dengan tak kurang dari sembilan rumah sakit jejaring.

Dekan Zaki menyebutkan jika fokus kerja sama ini adalah komitmen dukungan para RS jejaring dalam mengakselerasi program pendidikan FK UIN Jakarta.

Rumah sakit jejaring yang berkomitmen mendukung itu antara lain RSUP Fatmawati, RS Bhayangkara Tk I Radden Said Sukanto, RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidiggo, dan RS Jiwa Dr Seoharto Heerdjan Jakarta.

Lalu, RS Jiwa dr. H. Mardjoeki Mahdi RS Haji Jakarta, RS Ketergantungan Obat Jakarta, RSU Kota Tangerang Selatan, dan RS dr. Sitanala Tangerang.

Dekan Zaki menuturkan, pengembangan berbagai program akademik FK dan penguatan kerjasama dengan RS Jejaring sejalan dengan permintaan Kementerian Kesehatan RI agar FK UIN Jakarta terus memperkuat kontribusi kesehatan publik pasca Prodi Kedokteran meraih akreditasi A.

Baca juga: 23 Kampus yang Ditutup, Kemendikbud: Banyak di Jakarta dan Jabar

"Seiring akreditasi A yang diperoleh FK UIN Jakarta, kami diminta langsung Kementerian Kesehatan RI untuk mengokohkan kontribusi kedokteran Indonesia," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com