Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar KIP Kuliah untuk SNPMB 2023, Calon Mahasiswa Simak

Kompas.com - 12/12/2022, 15:10 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah perlu diketahui calon mahasiswa untuk persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

KIP Kuliah bertujuan agar para calon mahasiswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

KIP Kuliah bisa digunakan di semua jalur SNPMB 2023, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau dulu disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta jalur Mandiri.

Baca juga: Columbia University Pilihan Erina Gudono, Ini 7 Kampus Ivy League

Cara daftar KIP Kuliah persiapan SNPMB 2023

Tak hanya bisa digunakan saat mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) saja, KIP Kuliah juga bisa digunakan di perguruan tinggi swasta (PTS).

Menjelang pelaksanaan SNPMB 2023, calon mahasiswa yang akan menggunakan KIP Kuliah perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah bagi siswa yang akan ikut SNPMB 2023?

Merangkum dari laman resmi KIP Kuliah, Senin (12/12/2022) berikut cara daftar KIP Kuliah untuk persiapan SNPMB 2023.

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

Baca juga: KIP Kuliah Gratiskan Biaya Pendidikan Mahasiswa, Ini Pesan Kemendikbud

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).

6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

10 PTN penerima KIP Kuliah Terbanyak SBMPTN 2022

Dalam pelaksanaan SBMPTN 2022 atau kini disebut SNBT, ada 10 PTN yang menerima mahasiswa pemegang KIP Kuliah terbanyak, antara lain:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com