Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 08:42 WIB

KOMPAS.com - Jurusan atau program studi (prodi) Kedokteran merupakan salah satu jurusan favorit calon mahasiswa setiap tahunnya.

Diterima dan menjalani kuliah di jurusan Kedokteran menjadi suatu kebanggaan bagi diri sendiri dan orangtua, walaupun masuk dan mengecap pendidikan pada jurusan tersebut tidaklah mudah.

Kemajuan teknologi yang berkembang deras membuat munculnya inovasi baru, sehingga otomatisasi menggantikan jutaan pekerjaan di dunia ini, seperti dengan robot, artificial intelligence (AL), dan lain-lain.

Baca juga: UI Buka S1 Kelas Internasional di 8 Fakultas, Cek Jadwal Pendaftaran

Namun, beberapa sumber menyebutkan masih ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak tergantikan oleh teknologi di era 4.0 ini seperti pengendalian mutu (quality control), juru masak, desainer grafis, arsitek, dan dokter.

Dokter tidak dapat digantikan oleh teknologi karena setiap pasien membutuhkan pelayanan kesehatan dengan berkontak antar manusia. Oleh karena itu, peran dokter sangat dibutuhkan dan kebutuhan sumber daya ini masih sangat tinggi, jika dibandingkan dengan SDM yang tersedia.

Selain itu, pekerjaan dokter dipandang sebagai profesi yang mulia karena bertugas menangani kemanusiaan. Hal ini menjadi salah satu alasan dokter adalah profesi yang bergengsi di mata masyarakat dan memiliki prospek penghasilan yang cukup besar, apalagi sudah menyandang sebagai dokter spesialis.

Baca juga: SNBT 2023 Tidak Ada Tes Mata Pelajaran, Perlukah Belajar TKA?

Dokter dapat membuka praktek sendiri, mengabdi di rumah sakit, atau melayani di klinik.

Apabila kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi kedokteran, berikut rangkuman Kompas.com terkait biaya kuliah fakultas kedokteran dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada penerimaan mahasiswa tahun berjalan, merangkum laman resmi masing-masing universitas.

1. Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Kedokteran (FK) UI merupakan unit tertua dalam lintas sejarah Universitas Indonesia. Kini, FKUI terus mengembangkan diri melalui pendidikan yang telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional, yang ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.
Di FKUI Mahasiswa harus mengikuti sistem modul yang sudah ditetapkan secara sistematis.

Kurikulum FKUI terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama, general education pada semester satu. Tahap kedua, medical sciences pada semester 2-6, kemudian tahap ketiga berupa clinical practice pada semester 7-10. Tahap pendidikan ini dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber LTMPT
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+