Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Columbia University Pilihan Erina Gudono, Ini 7 Kampus Ivy League

Kompas.com - 12/12/2022, 13:22 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Latar belakang Erina Gudono, istri Kaesang Pengarap masih banyak dicari masyarakat Indonesia.

Tak terkecuali latar belakang pendidikan dan prestasi yang pernah diraih finalis putri Indonesia 2022 dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Baca juga: Kiat Erina Gudono Kuliah di Kampus Top Dunia: Belajar 30 Jam

Erina Gudono merupakan alumnus dari SMAN 3 Yogyakarta. Setelah menyelesaikan studi SMA-nya, Erina berhasil diterima di jurusan Administrasi dan Manajemen Bisnis, Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2018.

Setelah meraih gelar Sarjana di UGM, Erina Gudono tak mau berhenti disitu. Erina Gudono punya keinginan kuat untuk terus belajar.

Columbia University kampus Ivy League

Hingga akhirnya dia berhasil lolos menjadi awardee beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Columbia University.

Perlu kamu tahu bahwa Columbia University merupakan salah satu kampus anggota Ivy League. Di seluruh Amerika Serikat, ada 8 kampus yang menjadi anggota Ivy League.

Semua kampus anggota Ivy League tentunya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Ivy League adalah sebuah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas Amerika Serikat.

Istilah "Ivy League" sebenarnya punya konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis.

Kampus anggota Ivy League

Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight atau Delapan Sekolah Lama. 8 universitas yang merupakan anggota Ivy League punya ciri-ciri umum.

Baca juga: Berapa Lama Kuliah S1, S2 dan S3? Lewat Batas Bisa Drop Out

Yakni universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika Serikat. Anggota Ivy League hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top di Amerika dan dunia.

Umumnya, para anggota Ivy League merupakan bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia.

Dari universitas anggota Ivy League inilah hampir 80 persen riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan.

Selain itu juga banyak sekali ilmuwan telah meraih penghargaan nobel diberbagai bidang ilmu pengetahuan. 

Baca juga: Profil Erina Gudono, Alumnus SMAN 5 Yogya yang Diterima di Kampus Ivy League

Salah satu anggota kampus Ivy League adalah Columbia University.

Tentunya Erina Gudono mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih Columbia University. Dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2023: Top global universities,  Columbia University berhasil bertengger di peringkat 22 dunia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com