Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2022, 11:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisa melanjutkan pendidikan di universitas anggota Ivy League menjadi idaman banyak mahasiswa.

Sebutan Ivy League ini perlu diketahui terutama bagi calon mahasiswa yang punya impian bisa melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Seperti diketahui bahwa beberapa universitas top dunia berada di Amerika Serikat. Dan sebanyak 8 kampus di Amerika merupakan anggota dari Ivy League.

Kampus mana saja yang menjadi anggota dari Ivy League? Yuk simak bersama informasi berikut ini:

Melansir dari laman Kelas Pintar, Senin (10/10/2022) Ivy League adalah sebuah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas Amerika Serikat.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Merdeka Copper Gold bagi S1/S2 Fresh Graduate

Universitas anggota Ivy League

Istilah "Ivy League" sebenarnya punya konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight atau Delapan Sekolah Lama.

8 universitas yang merupakan anggota Ivy League punya ciri-ciri umum. Yakni universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika Serikat. Anggota Ivy League hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top di Amerika dan dunia.

Umumnya, para anggota Ivy League merupakan bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia.

Dari universitas anggota Ivy League inilah hampir 80 persen riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan. Selain itu juga banyak sekali ilmuwan telah meraih penghargaan nobel diberbagai bidang ilmu pengetahuan. Berikut daftar universitas yang menjadi anggota Ivy League:

Baca juga: Unpar Buka Beasiswa Tanpa Tes bagi Maba 2023, Cek Syaratnya

1. Universitas Harvard

Kampus yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga para mahasiswa. Universitas Harvard selalu bertengger di peringkat atas universitas terbaik di dunia. Beberapa pesohor dari Indonesia juga merupakan lulusan Universitas Harvard.

Universitas Harvard berdiri pada tahun 1636 di Cambridge, Massachusetts dengan nama New College. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, Harvard hanya menerima 7.181 mahasiswa dari seluruh dunia tahun ini.

Jurusan Hukum dan Liberal Arts menjadi jurusan yang terkenal di Harvard University. Harvard punya motto Veritas (Kebenaran) tersebut pun memiliki tim atletik yang sangat diperhitungkan yakni The Crimson.

2. Universitas Brown

Universitas Brown didirikan pada tahun 1764 di Providence, Rhode Island dengan nama Rhode Island College. Universitas Brown terkenal dengan nama tim atletiknya yang disebut The Bears.

Dengan jumlah penerimaan mahasiswa 6.316 orang, Universitas Brown punya motto In Deo Speramus (Pada Tuhan Kami Berharap) tersebut terkenal juga dikenal dengan liberal arts-nya.

Baca juga: 25 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2023

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com