Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 19:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung membuka seleksi tanpa tes bagi calon mahasiswa baru tahun 2023 melalui seleksi program Penelusuran dan Kemampuan (PMDK).

Dengan mendaftar program PMDK ini, calon mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa hingga 50 persen biaya awal masuk kuliah di Unpar.

Bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di Unpar, bisa segera melakukan pendaftaran karena beasiswa ini masih terbuka hingga 11 November 2022 mendatang.

Melansir dari laman resmi Unpar, Minggu (9/10/2022), calon mahasiswa yang lolos seleksi PMDK akan mendapatkan beasiswa sampai dengan 50 persen biaya awal masuk kuliah. Komponen biaya kuliah di Unpar terdiri dari biaya awal, biaya SKS (Satuan Kredit Semester), dan sumbangan solidaritas.

Baca juga: 25 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2023

Syarat daftar beasiswa PMDK Unpar

Program seleksi PMDK Unpar tahun akademik 2023/2024 dilakukan secara online dengan mengisi atau melengkapi formulir isian yang tersedia melalui laman pmb.unpar.ac.id.

Seleksi PMDK ini pun ditujukan bagi siswa/I kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023.

Jika pada jalur seleksi lain peserta bisa memilih sampai 3 pilihan program studi (prodi), pada seleksi PMDK, peserta hanya dapat memilih 1 prodi yang paling diminati dari 17 prodi yang tersedia di Unpar. Selain itu, pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali.

Persyaratan calon mahasiswa untuk mendaftar beasiswa ini, antara lain:

1. Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktik) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

2. Jika terdapat 2 nilai (Nilai Wajib dan Peminatan) dalam satu Mata pelajaran, hanya diinput nilai Mata Pelajaran Wajib

Bagi peserta yang akan memilih program studi berikut, harap perhatikan syarat khusus:

  • Prodi Arsitektur: mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.
  • Prodi Teknik Kimia: Tidak Buta Warna (dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata).
  • Prodi Hubungan Internasional: Untuk setiap uraian/motivasi/testimoni ditulis dalam Bahasa Inggris.


Baca juga: Beasiswa Penuh S2-S3 Korea Selatan, Dapat Uang Saku Rp 17 Juta

Berkas yang dibutuhkan daftar PMDK Unpar

Kelengkapan berkas pendaftaran yang harus diunggah meliputi:

1. Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir rapor yang di-upload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta

2. Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa yang bersangkutan adalah benar siswa SMA kelas XII (kelas 3 (tiga) SMA) pada tahun akademik 2021/2022 dan menyatakan jurusan SMA yang bersangkutan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com