Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengertian dan 4 Proses Perubahan Sosial

Kompas.com - 10/10/2022, 10:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang tidak bisa hidup sendirian. Sebab, orang adalah makhluk sosial yang hidup bergantung dengan orang lain.

Tetapi, di masyarakat juga pasti mengalami perubahan. Ada beberapa perubahan itu, seperti perubahan norma-norma sosial, dan pola-pola sosial.

Ada pula interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang.

Selain itu, perubahan sosial juga merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Bahkan Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial.

Baca juga: Bentuk-bentuk Perubahan Sosial, Siswa Sudah Paham?

Proses perubahan sosial

Melansir laman Repositori Kemendikbud Ristek, dalam sosiologi, perubahan sosial merupakan konsep yang sangat penting, mengingat sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.

Sementara masyarakat selalu berkembang dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, dalam sosiologi kita mengenal sebuah pemikiran “tidak ada sesuatu yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri”.

Proses perubahan sosial dapat terjadi melalui difusi, akulturasi, asimilasi, dan akomodasi. Apakah siswa sudah paham?

1. Difusi

Difusi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan yang meliputi ide-ide, keyakinan, hasil-hasil kebudayaan, dan sebagainya dari individu ke individu lain, dari suatu golongan ke golongan lain dalam suatu masyarakat atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

Merujuk pada pengertian difusi di atas, maka kita dapat membedakan dua macam difusi, yaitu difusi intramasyarakat dan difusi antar masyarakat.

Difusi intramasyarakat (intrasociety dif usion) adalah difusi unsur kebudayaan antarindividu atau golongan dalam suatu masyarakat.

Difusi antarmasyarakat (intersociety dif usion) adalah difusi unsur kebudayaan dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Sementara itu, masuknya unsur-unsur baru ke dalam suatu masyarakat melalui difusi dapat dilakukan dengan cara perembesan damai, perembesan dengan kekerasan, dan simbiotik.

Baca juga: 5 Manfaat Ikut Kelas Industri bagi Siswa SMK

2. Akulturasi

Akulturasi, dapat diartikan sebagai proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur kebudayaan asing.

Sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menghilangkan sifat khas kepribadian kebudayaan sendiri.

Proses akulturasi berjalan sangat cepat atau lambat sangat tergantung persepsi masyarakat setempat terhadap budaya asing yang masuk. Jika masuknya melalui proses pemaksaan, maka akulturasi memakan waktu yang relatif lama.

Sebaliknya, jika masuknya melalui proses damai, maka akulturasi tersebut akan berlangsung relatif lebih cepat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com