Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Ikut Kelas Industri bagi Siswa SMK

Kompas.com - 26/08/2022, 14:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi siswa SMK tentu harus bangga. Pasalnya, siswa akan diberikan keterampilan lebih agar siap untuk terjun di dunia kerja.

Apalagi jika ikut kelas industri. Di SMK, kelas industri ini biasanya melibatkan mitra dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Salah satunya adalah kelas industri GameLab yang diselenggarakan antara perusahaan GameLab dengan sejumlah SMK di Indonesia. Contohnya saja di SMKN 1 Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rabu (24/8/2022), sebagai program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah, kelas industri biasanya dikelola secara bersama-sama antara sekolah dengan industri.

Baca juga: 3 Perbedaan AN dan UN, Siswa Sudah Paham?

Sekolah diberikan kebebasan untuk mencari rekanan dan bekerja sama dengan industri yang sesuai dengan kompetensi yang ada di sekolah tersebut.

Tentu, melalui kerja sama langsung antara sekolah dengan industri maka diharapkan kelas industri ini akan mampu meningkatkan kompetensi keahlian siswa, sekaligus menciptakan SDM dari SMK yang lebih berkualitas.

Sebelum masuk kelas industri, biasanya siswa akan melalui sejumlah tahapan seleksi terlebih dahulu. Lantas, apa saja manfaat yang dapat diperoleh siswa SMK yang mengikuti kelas industri ini?

Berikut ini 5 manfaat ikut kelas industri:

1. Meningkatkan skills

Bagi siswa SMK, di kelas industri, keterampilan, gagasan, dan pengetahuan siswa akan semakin terasah sehingga bisa meningkatkan skills secara profesional.

Keuntungan ini tentu akan sangat berguna dan membuat kamu lebih siap menghadapi dunia industri ke depannya.

Baca juga: Kisah Ktut Tantri Wanita Bule yang Bergerilya bersama Bung Tomo, Info bagi Siswa

2. Lebih fokus

Di dalam kelas industri, siswa SMK bisa lebih fokus dalam mendalami materi yang didapatkan di sekolah.

Tidak hanya materi yang sudah dikuasai, tetapi juga bisa fokus dalam mempraktikkan apa yang dipelajari secara langsung di industri.

3. Hasilkan SDM berkualitas

Tentunya, jika ikut kelas industri dan dengan kegiatan pelatihan dan pendidikan yang intensif di kelas industri, siswa SMK dibentuk menjadi SDM berkualitas.

Yakni yang mempunyai keterampilan dan keahlian profesional, dengan pengetahuan yang memadai dan etos kerja yang tinggi.

4. Bisa jalin kerja sama

Dengan adanya program kelas industri, maka pihak sekolah dan industri bisa menjalin kerja sama yang baik di dunia usaha ataupun industri. Ini akan membawa keuntungan bagi para siswa.

Baca juga: Siswa, Ini 4 Bahan Kimia Pembersih Berikut Penjelasannya

5. Bisa langsung kerja

Manfaat ikut kelas industri yang terakhir ialah siswa SMK nantinya bisa langsung kerja. Beberapa kelas industri biasanya menawarkan program rekrutmen langsung terhadap para siswa dalam kelas tersebut.

Artinya, kalian bisa langsung bekerja setelah lulus. Akan tetapi, ini akan sangat tergantung dari kerja sama kelas industri yang dibuat serta syarat kualifikasi yang diterapkan oleh industri terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com