Kompas.com - 13/08/2022, 12:09 WIB
|

KOMPAS.com - Di kehidupan sehari-hari, kita sudah terbiasa menggunakan sabun atau deterjen. Sebab, dengan sabun bisa membersihkan kotoran.

Tapi, dalam sabun itu ada kandungan bahan kimianya. Bagi siswa yang sedang belajar kimia terutama bahan kimia pembersih, maka harus paham seperti apa bahannya.

Melansir laman Repositori Kemendikbud Ristek, ini bahan kimia pembersih yang bisa dipelajari siswa.

4 bahan kimia pembersih

Sabun

Dengan rumus molekul R-COONa atau R-COOK, sabun terbuat dari reaksi antar asam lemak dan basa lemak dengan basa kuat, misalnya natrium hidroksida atau kalium hidroksida, melalui reaksi safonifikasi. R adalah rantai karbon, misalnya C17H33-.

Baca juga: Manfaat Jamu Beras Kencur, Ini Cara Membuatnya bagi Siswa

Molekul sabun terdiri atas bagian kepala dan ekor. Bagian kepala dapat larut dalam air, sedangkan bagian ekor dapat berikatan dengan lemak.

Pada proses pencucian, bagian ekor akan mengikat kotoran-kotoran yang pada umumnya berlemak, sedangkan bagian kepala berikatan dengan molekul-molekul air, sehingga dapat diangkat dari bahan yang dicuci.

Kemudian tertarik kedalam air. Selanjutnya kotoran-kotoran yang terikat pada sabun terpisah dari bahan yang dicuci dan dibuang bersama air cucian.

Deterjen

Deterjen merupakan bahan pembersih sejenis sabun, tetapi daya cucinya jauh lebih kuat dari sabun. Deterjen memiliki rumus molekul yang sama dengan sabun, tetapi gugus asetat/ karboksilat (-COO-), dalam sabun diganti dengan gugusn sulfanoat.

Kita perlu hati-hati dalam memilih bahan pembersih, bahan tersebut jangan sampai menimbulkan pengaruh yang buruk terhadap lingkungan. Beberapa jenis deterjen sukar diuraikan oleh pengurai.

Baca juga: 5 Tips Berlatih Basket di Rumah bagi Siswa

Jika deterjen ini bercampur dengan air tanah yang dijadikan sumber air minum manusia atau binatang ternak maka air tanah tersebut akan membahayakan kesehatan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.