Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ivy League dan 8 Universitas Anggotanya, Masuk Kampus Top Dunia

KOMPAS.com - Bisa melanjutkan pendidikan di universitas anggota Ivy League menjadi idaman banyak mahasiswa.

Sebutan Ivy League ini perlu diketahui terutama bagi calon mahasiswa yang punya impian bisa melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Seperti diketahui bahwa beberapa universitas top dunia berada di Amerika Serikat. Dan sebanyak 8 kampus di Amerika merupakan anggota dari Ivy League.

Kampus mana saja yang menjadi anggota dari Ivy League? Yuk simak bersama informasi berikut ini:

Melansir dari laman Kelas Pintar, Senin (10/10/2022) Ivy League adalah sebuah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas Amerika Serikat.

Universitas anggota Ivy League

Istilah "Ivy League" sebenarnya punya konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight atau Delapan Sekolah Lama.

8 universitas yang merupakan anggota Ivy League punya ciri-ciri umum. Yakni universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika Serikat. Anggota Ivy League hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top di Amerika dan dunia.

Umumnya, para anggota Ivy League merupakan bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia.

Dari universitas anggota Ivy League inilah hampir 80 persen riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan. Selain itu juga banyak sekali ilmuwan telah meraih penghargaan nobel diberbagai bidang ilmu pengetahuan. Berikut daftar universitas yang menjadi anggota Ivy League:

1. Universitas Harvard

Kampus yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga para mahasiswa. Universitas Harvard selalu bertengger di peringkat atas universitas terbaik di dunia. Beberapa pesohor dari Indonesia juga merupakan lulusan Universitas Harvard.

Universitas Harvard berdiri pada tahun 1636 di Cambridge, Massachusetts dengan nama New College. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, Harvard hanya menerima 7.181 mahasiswa dari seluruh dunia tahun ini.

Jurusan Hukum dan Liberal Arts menjadi jurusan yang terkenal di Harvard University. Harvard punya motto Veritas (Kebenaran) tersebut pun memiliki tim atletik yang sangat diperhitungkan yakni The Crimson.

2. Universitas Brown

Universitas Brown didirikan pada tahun 1764 di Providence, Rhode Island dengan nama Rhode Island College. Universitas Brown terkenal dengan nama tim atletiknya yang disebut The Bears.

Dengan jumlah penerimaan mahasiswa 6.316 orang, Universitas Brown punya motto In Deo Speramus (Pada Tuhan Kami Berharap) tersebut terkenal juga dikenal dengan liberal arts-nya.

3. Universitas Columbia

Universitas Columbia, didirikan di New York City, New York, pada tahun 1754 dengan nama King’s College.

Kampus dengan motto In lumine Tuo videbimus lumen (Pada cahaya kita bisa melihat cahaya) tahun ini menerima sedikitnya 7.160 mahasiswa baru. Universitas Columbia juga dikenal dengan performing arts-nya ini punya tim atletik yang populer dengan sebutan The Lions.

4. Universitas Dartmouth

Universitas Dartmouth berdiri pada tahun 1769 di Hanover, New Hampshire. Kampus ini punya motto Vox clamantis in deserto (Suara sebuah tangisan pada keliaran) juga punya tim atletik The Big Green. Dartmouth menerima 4.248 mahasiswa baru tahun ini.

5. Universitas Pennsylvania

Universitas Pennsylvania didirikan di Philadelphia, Pennsylvania, pada tahun 1749 dengan nama Academy of Philadelphia. Universitas Pennsylvania berada di New Jersey dikenal sebagai salah satu kampus swasta yang mahal.

Meski dikenal mahal, namun Universitas Pennsylvania tetap bisa menjaring 5.113 mahasiswa baru tahun ini.  

6. Universitas Princeton

Universitas Princeton berdiri pada tahun 1746 dengan nama College of New Jersey  di Princeton, New Jersey. Kampus ini punya tim atletik yang bernama The Quakers tersebut menerima mahasiswa baru sebanya 10.337 mahasiswa.

Dengan motto Leges sine moribus vanae (Hukum tanpa moral adalah sia-sia), kampus tersebut juga sering disebut dengan Penn.

7. Universitas Yale

Universitas Yale, didirikan di New Haven, Connecticut, pada tahun 1701 dengan nama Collegiate School.

Yale merupakan saingan Harvard University. Yale terletak di New Haven, Connecticut dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru hanya sebanyak 5.275 mahasiswa. Universitas Yale punya semboyan kampus yang berbunyi Lux et veritas (cahaya dan kebenaran) yang menjadikan Yale merupakan kampus terbaik di Liberal arts.

8. Universitas Cornell

Universitas Cornell, didirikan di Ithaca, New York, pada tahun 1865. Cornell merupakan satu-satunya dari ivy league yang memiliki sistem setengah universitas swasta.

Selain itu, Cornell juga merupakan satu-satunya universitas dari ivy league yang berdiri setelah era kolonial Amerika. Universitas Cornell berhasil menjaring 13.931 mahasiswa baru tahun ini. 

Demikian penjelasan Ivy League dan 8 universitas yang menjadi anggota Ivy League. Karena universitas anggota Ivy League merupakan universitas terbaik di dunia sehingga butuh perjuangan agar kamu bisa masuk kampus tersebut.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/10/112700371/ivy-league-dan-8-universitas-anggotanya-masuk-kampus-top-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke