Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Siap Pilih Rektor 2024-2029, Kini Buka Pendaftaran Panitia Pilrek

Kompas.com - 24/05/2024, 08:17 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) siap menyelenggarakan pemilihan rektor baru periode 2024-2029. Untuk itu, Majelis Wali Amanat (MWA) UI membuka pendaftaran panitia pemilihan rektor.

Melalui Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek), lowongan pendaftaran Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UI (P3CR UI) periode 2024–2029 ini akan dibuka 27 Mei mendatang. 

Baca juga: UI Umumkan Biaya Kuliah 2024, Ada yang Capai Rp 161 Juta

Ketua Pansus Pilrek UI Prof. Dr. Bambang Wibawarta, M.A menyampaikan tim P3CR UI ini memiliki tugas ikut menjaring calon rektor yang mampu mewujudkan visi dan misi UI menjadi perguruan tinggi yang mandiri sekaligus unggul di kancah global

"Salah satu tahapan dalam proses ini adalah pembentukan tim ad hoc P3CR UI yang nantinya terdiri atas 13 sosok lintas sektor. Baik berasal dari sivitas akademika UI maupun masyarakat luas, mewakili unsur dosen, mahasiswa, masyarakat serta tenaga kependidikan,” ujar Prof. Bambang Wibawarta, dilansir dari rilis UI pada Kamis, (23/5/2024).

Ia menambahkan, dari total 13 orang yang terpilih akan terdiri dari tujuh orang perwakilan dosen tetap dengan jabatan fungsional minimal lektor, dua orang wakil mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Baca juga: Ramai Dibahas, Berapa Biaya UKT Terendah Semua PTN?

Lalu dua orang wakil tenaga kependidikan tetap, dua orang unsur masyarakat yang merupakan alumni UI dan wakil masyarakat yang memiliki keahlian serta berpengalaman dalam rekrutmen pimpinan suatu organisasi.

“Anggota P3CR harus punya kompetensi dan memahami pengelolaan universitas dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup manajemen pendidikan tinggi, tata kelola, manajemen sumber daya manusia (SDM), manajemen keuangan, kewirausahaan, dan sebagainya,” kata Prof. Bambang.

Pendaftaran calon anggota P3CR akan berlangsung mulai dari 27 Mei 2024 hingga 5 Juni 2024 mendatang.

Selanjutnya, seleksi P3CR oleh Pansus Pilrek dilaksanakan pada 6-16 Juni 2024 dan penetapan anggota P3CR oleh Majelis Wali Amanat diselenggarakan pada 21 Juni 2024.

Kemudian, pada 24 Juni 2024 akan diadakan pertemuan Perdana P3CR dengan Pansus Pilrek Bersama dan dengan Ketua MWA UI Dr. (HC) KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab dipanggil Gus Yahya.

Bagi sivitas akademika UI dan masyarakat luas yang ingin terlibat menjadi anggota P3CR UI dapat mengisi Formulir Pendaftaran Calon Anggota pada laman https://selection.ui.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com