Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Tumbuhkan Budaya Penelitian, SMP Semesta II Raih Medali Emas OPSI 2022

Kompas.com - 05/12/2022, 12:11 WIB

KOMPAS.comSMP Semesta II, Semarang, Jawa Tengah, meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) jenjang SMP Tingkat Nasional 2022 yang dilaksanakan pada 21–26 November 2022.

Sebagai informasi, OPSI sendiri merupakan ajang menumbuhkan karakter ilmiah serta mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti.

OPSI 2022 terbagi atas tiga kategori yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa serta Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya.

Capaian prestasi tersebut diperoleh melalui siswa kelas VIII Yazeira Andini dan Khanza Aneira untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan dengan judul penelitian “D’Keple, Gel Obat Luka Alami Berbasis Kearifan Lokal di Bandungan”.

Dini dan Echa, panggilan akrab mereka, mendapatkan ide pengembangan penelitian ini dengan membaca beberapa penelitian yang sudah ada sebelumnya.

“Persiapan yang matang dan kendala yang mereka hadapi, menjadikan semangat bagi tim ini untuk dapat mempersembahkan hasil yang terbaik," ungkap Qurota, pembimbing penelitian SMP Semesta II.

"Ini sebagai bukti bahwa tim ini berhasil memecahkan permasalahan yang ada dalam masyarakat dengan memberikan alternatif untuk masyarakat," tegas Qurota.

Tumbuhkan budaya penelitian sejak dini

Kepada Kompas.com, Kepala Sekolah SMP Semesta II Susan Ahsanti menjelaskan (5/12/2022), budaya penelitian perlu dikenalkan kepada siswa sedini mungkin.

"Penelitian memungkinkan siswa mengembangkan minat, mempelajari sesuatu yang baru, mengasah keterampilan memecahkan masalah, dan menantang diri sendiri dengan cara baru," ungkap Susan Ahsanti.

"Selain itu dalam lingkungan belajar berbasis penelitian atau project, siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dengan mengerjakan pertanyaan, masalah, atau tantangan dalam waktu yang tertentu," tambahnya.

Baca juga: Tanamkan Budaya Penelitian, Mendikbud Nadiem Resmi Buka OPSI 2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+