Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 08:31 WIB

KOMPAS.comSekolah Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School kembali mengukir prestasi di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau OPSI tahun 2022 yang digelar Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek.

Dalam pengumuman jawara dan peraih medali OPSI 2022 yang diadakan secara daring pada Jumat 25 November 2022, Sekolah Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School berhasil meraih dua medali sekaligus.

Satu medali perunggu berhasil dipersembahkan tim SMP melalui Ananda Satria Ali Hanafi dan Aufa Alif Al Aris (siswa kelas 9) melalui penelitian bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan.

Sedangkan satu medali perak untuk jenjang SMA disumbangkan melalui M. Yhandra Adityo dan Danish Rafi Akmadira (siswa kelas 12) lewat penelitian bidang Fisika Terapan dan Rekayasa.

"Pencapaian tersebut merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa terutama bagi sekolah sendiri, mengingat perjuangan panjang yang sudah dilalui," ungkap Susanto selaku guru pembimbing penelitian jenjang SMA melalui rilis resmi (29/11/2022).

“Alhamdulillah akhirnya berhasil meraih medali juga di ajang OPSI, setelah mengalami dua kali kegagalan pada tahun-tahun sebelumnya dan akhirnya tahun ini terbayarkan semuanya," tambah Susanto.

M. Yhandra Adityo juga mengakui persaingan di ajang tersebut memang terbilang amat sangat sulit.

Baca juga: Tanamkan Budaya Penelitian, Mendikbud Nadiem Resmi Buka OPSI 2022 

Ia mengaku sempat pesimis akan meraih medali, apalagi setelah sesi persentasi, di mana mereka sempat kehabisan ide saat menjawab pertanyaan dari para dewan juri yang terdiri dari para pakar dan profesor yang tentunya sangat berkompeten dan ahli di bidang tersebut.

"Namun setelah pengumuman dan muncul nama kami. Alhamdulillah sangat senang dan bahagia sekali, bahkan sempat lost control ekspresi saat mendengar nama kami diumumkan," ungkap Yhandra Adityo bangga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+