Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau OPSI 2022 jenjang SMP/MTs dan SMA/MA kembali digelar. Pembukaan OPSI secara resmi diselenggarakan pada Senin, 21 November 2022 secara daring dan akan berlangsung hingga 26 November 2022.

OPSI yang digelar Kemendikbud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertujuan menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa.

“Perjalanan yang telah adik-adik tempuh untuk sampai ke tingkat nasional, bukanlah perjalanan yang mudah," ungkap Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam pembukaan acara OPSI.

"Saya ingin adik-adik selalu ingat, setiap proses yang dilalui adalah pembelajaran sesungguhnya, bukan sekedar predikat sebagai juara,” tambah Mas Menteri.

Nadiem mengingatkan, sesungguhnya hasil dari kompetisi ini bukanlah hal terpenting, melainkan sebuah proses yang dijalani para peserta menjadi sebuah pembelajaran yang berharga.

Seluruh tahapan penilaian dinilai juri yang berasal dari unsur Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN) dan perguruan tinggi.

Untuk jenjang SMP/MTs, seleksi OPSI dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap seleksi administrasi, tahap penilaian naskah penelitian, dan presentasi naskah penelitian di tingkat nasional.

Jumlah naskah penelitian yang terunggah adalah sebanyak 1.007 naskah. Dari jumlah naskah tersebut, sebanyak 120 finalis terpilih untuk mengikuti penilaian presentasi naskah penelitian di tingkat nasional.

Untuk jenjang SMA/MA tahap pertama adalah review proposal. Adapun jumlah proposal terdaftar sejumlah 2.971 proposal penelitian terdaftar dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Puspresnas: Jumlah Siswa di Olimpiade Sains Nasional 2022 Meningkat 2 Kali Lipat

 

Sebelum direview dewan juri, dilakukan seleksi administrasi di mana sebanyak 2.298 proposal penelitian lolos seleksi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.166 naskah lanjut ke tahap penyusunan naskah penelitian. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+