Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komitmen Tumbuhkan Budaya Penelitian, SMP Semesta II Raih Medali Emas OPSI 2022

KOMPAS.com - SMP Semesta II, Semarang, Jawa Tengah, meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) jenjang SMP Tingkat Nasional 2022 yang dilaksanakan pada 21–26 November 2022.

Sebagai informasi, OPSI sendiri merupakan ajang menumbuhkan karakter ilmiah serta mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti.

OPSI 2022 terbagi atas tiga kategori yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa serta Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya.

Capaian prestasi tersebut diperoleh melalui siswa kelas VIII Yazeira Andini dan Khanza Aneira untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan dengan judul penelitian “D’Keple, Gel Obat Luka Alami Berbasis Kearifan Lokal di Bandungan”.

Dini dan Echa, panggilan akrab mereka, mendapatkan ide pengembangan penelitian ini dengan membaca beberapa penelitian yang sudah ada sebelumnya.

“Persiapan yang matang dan kendala yang mereka hadapi, menjadikan semangat bagi tim ini untuk dapat mempersembahkan hasil yang terbaik," ungkap Qurota, pembimbing penelitian SMP Semesta II.

"Ini sebagai bukti bahwa tim ini berhasil memecahkan permasalahan yang ada dalam masyarakat dengan memberikan alternatif untuk masyarakat," tegas Qurota.

Tumbuhkan budaya penelitian sejak dini

Kepada Kompas.com, Kepala Sekolah SMP Semesta II Susan Ahsanti menjelaskan (5/12/2022), budaya penelitian perlu dikenalkan kepada siswa sedini mungkin.

"Penelitian memungkinkan siswa mengembangkan minat, mempelajari sesuatu yang baru, mengasah keterampilan memecahkan masalah, dan menantang diri sendiri dengan cara baru," ungkap Susan Ahsanti.

"Selain itu dalam lingkungan belajar berbasis penelitian atau project, siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dengan mengerjakan pertanyaan, masalah, atau tantangan dalam waktu yang tertentu," tambahnya.

Ia menilai, proyek penelitian menyediakan platform yang fleksibel dan berkelanjutan bagi siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan serta mengembangkan pemikiran kritis dan kemampuan memecahkan masalah.

"Semakin dini mereka mendapatkan budaya berbasis penelitian atau project maka dengan bertambahnya usia maka siswa mampu berpikir kristis dan solutif atau kreatif dan inovatif dalam menghadapi masalah," jelas Susan.

Lebih jauh Kepala Sekolah SMP Semesta II menyampaikan, pihaknya menumbuhkan budaya penelitian di antaranya melalui divisi khusus yaitu Semesta Project Department dengan Tim Guru sebagai penanggung jawab.

"Progam ini sudah sosialisasikan di awal tahun pembelajaran, baik melalui MPLS maupun lewat webinar yang mengundang narasumber dari para alumni Semesta yang telah sukses mendapatkan medali di ajang lomba project nasional ataupun internasional," ungkap Susan.

"Sedangkan di tingkat mata pelajaran guru memberikan project kepada siswa minimal sekali dalam setahun pembelajaran. Dan sekarang sekolah sudah menyelenggaran IKM pada kelas VII yang menerapkan Pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila," ujarnya.

Kepala Sekolah SMP Semesta II menyampaikan, selain OPSI untuk tahun 2022 siswa SMP Semesta II juga meraih berbagai prestasi, di antaranya:

"Teruslah semangat belajar, selalu up to date dan tetaplah kreatif serta inovatif karena akan selalu ada yang baru dan terbarukan. Dan Siswa adalah titipan dari Allah SWT yang menjadi tugas kita untuk mengembangkan mereka menjadi generasi Emas di manapun dan kapanpun," pungkas Susan Ahsanti.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/05/121135471/komitmen-tumbuhkan-budaya-penelitian-smp-semesta-ii-raih-medali-emas-opsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke