Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 14:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai dilakukan pemungutan suara (voting), akhirnya terpilih 3 calon rektor dari 8 bakal calon Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Periode 2023-2027.

Adapun pemungutan suara itu dilaksanakan dalam Rapat Senat Akademik Universitas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (SAU UAJY), Rabu (30/11/2022).

Selanjutnya ketiga calon Rektor UAJY akan diajukan oleh SAU UAJY kepada Yayasan Slamet Riyadi (YSR) selaku pengelola UAJY.

Ketiga calon Rektor tersebut adalah Prof. Ir. Joko Budiyanto, M.Eng., Ph.D., (Fakultas Teknologi Industri), Dr. G. Sri Nurhartanto, SH, L.LM., (Fakultas Hukum) dan Prof. Dr. AM. Ade Lisantono, M.Eng., Ph.D., (Fakultas Teknik).

Baca juga: Dua Dosen UAJY Ikuti Program United Board Fellows 2022

Menurut Ketua SAU UAJY Prof. Dr. Endang Sumiarni, SH, M.Hum., dari ke-3 calon Rektor tersebut nantinya akan dipilih dan ditetapkan oleh pengurus YSR menjadi Rektor UAJY periode 2023-2027.

Pertimbangan YSR dalam memilih dan menetapkan Rektor didasarkan dari hasil test kompetensi kepemimpinan dan manajerial yang dilakukan oleh lembaga independen.

"Selain itu presentasi balon dalam forum presentasi yang dihadiri anggota SAU dan civitas akademika UAJY serta presentasi calon Rektor didepan pengurus YSR dan juga hasil tes kesehatan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Usai terpilih menjadi calon Rektor UAJY, ketiganya menyatakan siap untuk dipilih dan ditetapkan oleh YSR sebagai Calon Rektor UAJY periode 2023-2027.

Di samping itu, mereka juga menyatakan jika terpilih siap menjalankan berbagai kebijakan dan program yang telah disampaikan forum presentasi.

Ketiga calon Rektor tersebut juga menyatakan akan mengakomodasi usulan kebijakan dan program dari seluruh balon rektor yang mungkin dapat dilaksanakan.

Tak hanya itu saja, ketiganya juga siap “melanjutkan dan perubahan” dalam arti siap melanjutkan kebijakan dan program kerja yang telah dijalankan Rektor terdahulu dan melakukan beberapa perubahan kebijakan dan program kerja yang belum optimal.

Sementara Rektor UAJY Periode 2019-2023, Prof. Ir. Yoyong Afriadi, M.Eng., Ph.D., menyatakan bahwa tantangan yang dihadapi UAJY ke depan semakin berat, baik tantangan eksternal maupun internal.

Karena itu ia berharap Rektor UAJY mendatang mampu mensinergikan dan mengoptimalkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang dimiliki UAJY.

Kepemimpinan (leadership dan manajerial) UAJY baik di tingkat Rektorat, Dekanat, Departemen, Prodi dan Laboratorium harus mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan optimal.

Di samping itu, seluruh dosen dan tenaga kependidikan harus ikut mendukung secara optimal kebijakan dan program kerja yang telah ditetapkan, termasuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Harga BBM Naik, Dosen UAJY: Keputusan Terbaik dari Pilihan yang Ada

Humas SAU UAJY Dr. Y. Sri Susilo berpendapat bahwa ketiga calon rektor UAJY yang diusulkan oleh SAU merupakan calon terbaik dan layak menjadi Rektor UAJY periode 2023-2027.

"Saya berharap YSR dapat memilih dan menetapkan Rektor UAJY yang terbaik dan mampu menghadapi serta menjawab tantangan yang dihadapi UAJY di masa mendatang," harap Sri Susilo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com