Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 11:45 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 memberikan apresiasi dan penghargaan Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK).

Apresiasi GTK diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang inspiratif dan yang telah memberikan layanan pendidikan yang baik bagi para murid.

Mereka memiliki semangat belajar, berkarya, dan berbagi sesuai dengan visi Merdeka Belajar.

"Guru-guru sebagai ujung tombak perubahan nyata dalam pendidikan di negara kita. Peningkatan kapasitas dan kesejahteraan guru merupakan dua hal yang menjadi kunci utama dan pilar utama dari pada strategi Kemendikbud dalam transformasi sistem pendidikan," ucap Nadiem dalam rangkaian peringatan HGN 2022 Kemendikbud Ristek yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Mahasiswa Poltera Inovasi Payung Raksasa Setinggi 10 Meter

Dalam perayaan ini, hadir ratusan guru dari berbagai wilayah di Indonesia seperti dari Kalimantan, Sumatera, Papua, dan daerah lain.

Berlangsung secara hybrid, acara ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI dan TVRI.

Dengan mengusung tema HGN 2022 "Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar", Nadiem mengajak para pendidik di Indonesia untuk bersemangat dalam berkarya dan berinovasi, yang diwujudkan dalam Program Merdeka Belajar.

"Gerakan Merdeka Belajar yang sudah berjalan tiga tahun terakhir harus lebih besar lagi, lebih dirasakan lagi manfaatnya oleh semua murid, semua guru, dan semua sekolah di seluruh Indonesia. Keberanian untuk berinovasi harus semakin ditingkatkan lagi sebagai bekal kita melompat ke masa depan," beber Nadiem.

Baca juga: 3 Manfaat Bermain Engklek bagi Anak, Bisa Melatih Motorik

Pada acara HGN ini juga diberikan penghargaan kepada para guru yang terpilih dalam 18 kategori apresiasi GTK. Ini menjadi bentuk penghormatan Kemendikbud Ristek kepada para guru, pengawas sekolah, dan pamong yang berprestasi dari jenjang PAUD sampai SMA.

Lanjut dia menyampaikan, tema HGN tahun ini "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar", terinspirasi dari semangat para ibu dan bapak guru semua.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+