Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 14:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jika pada 2022 kemarin skema Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) masih menggunakan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Mulai tahun depan (2023), skemanya berbeda.

Skema itu telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Terkait hal itu, Universitas Airlangga (Unair) mengadakan sosialisasi skema PMB 2023 di kampus setempat, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Ners Unair

Skema pertama

Menurut Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Adapun mekanisme baru ini akan menggunakan nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran.

Dikatakan, komponen pertama dihitung dari rerata nilai rapor seluruh mata pelajaran, dengan bobot minimal 50 persen.

Sedangkan komponen kedua akan digunakan dengan bobot maksimal 50 persen, pada dua nilai mata pelajaran pendukung untuk program studi (prodi) yang dipilih.

"Setiap universitas diberikan kewenangan mengatur kepastian bobot SNBP dengan mengacu pada aturan minimal dan maksimal yang telah ditetapkan," ujarnya dikutip dari laman Unair.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Mata Merah, Info Ners Unair

Skema kedua

Sedangkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kini berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Untuk SNBT hanya akan menguji Tes Potensi Skolastik (TPS), tanpa menggunakan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

"Melalui ketentuan ini, maka persaingan dari para peserta akan menjadi lebih fleksibel karena tidak terpaku pada asal rumpun ilmu tertentu," jelas Prof. Nasih.

Skema ketiga

Menurut Nasih, dengan ketentuan tersebut maka di tahun mendatang, pihaknya berencana akan melakukan uji TKA pada seleksi jalur mandiri.

"InsyaAllah juga akan melibatkan nilai TPS yang telah didapatkan pada SNBT," tuturnya.

Lantaran berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), Unair akan membuka jalur masuk mahasiswa dengan proporsi:

1. minimal 20 persen pada jalur SNBP

2. minimal 30 persen pada SNBT

3. maksimal 50 persen pada jalur mandiri

Baca juga: 7 Tips Sehat di Musim Hujan dari Ners Unair

"Untuk menjaga berkualitas, Unair berkomitmen dalam memberikan bonus atau filter tertentu bagi peserta yang memilih jalur linier yakni memiliki relevansi masa studi di SMA, dengan prodi yang dituju," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com