Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 15:06 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Pradita membangun sistem pemantauan kualitas air kolam untuk mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) peternak ikan hias di Kampung Kalipaten Kelurahan Pakulonan Barat, Kabupaten Tangerang.

Sistem pemantauan kualitas air kolam yang dikembangkan Universitas Pradita menggunakan sistem Internet of Things (IoT) untuk pemantauan kualitas air kolam berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

Yakni, suatu jenis jaringan untuk area telekomunikasi nirkabel yang dirancang untuk memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan daya yang rendah.

Tim yang dilibatkan terdiri dari dosen maupun mahasiswa, antara lain Dosen Prodi Informatika Theresia Herlina sebagai Ketua dan anggota Dr. William Widjaja dari Prodi Manajemen Retail dan Dr. Handri Santoso dari Pro di Magister Teknologi Informasi.

Sedangkan tim mahasiswa melibatkan tiga mahasiswa Prodi Informatika, yaitu Regina Angelika Septi Rahayu, Youzy Natasya, dan Ulfah Dzakiyah Nisrina Ariqoh.

Lalu tiga mahasiswa prodi Manajemen Retail, yaitu Sherensia Putri Angeliani, Ninuk Yasmarini, dan Gabriel Alexander.

Executive Director Pradita University, Aida Halim mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu bentuk pengabdian masyarakat dari Universitas Pradita yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) lewat hibah Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Tahun Anggaran 2022.

"Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim memberikan solusi atas permasalahan yang dialami mitra, yaitu gagal panen diakibatkan pH air yang terlalu tinggi," ucap dia dlaam keterangannya, Jumat (26/11/2022).

Adapun mitra UMKM peternak ikan hias telah menjalankan usahanya selama tujuh tahun dan memiliki 25 kolam.

Dosen Prodi Informatika Theresia Herlina menjelaskan, ikan hias yang dibudidayakan antara lain jenis ikan oscar, ikan koki, ikan molly, louhan, manfish.

Baca juga: 5 Perbedaan D3, D4, dan S1, Mulai dari Gelar hingga Lama Kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+