Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida, RS Ukrida, dan Kolaborasi Gereja Berkomitmen Bangun Masyarakat

Kompas.com - 29/10/2022, 08:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), RS Ukrida dan kolaborasi beberapa Gereja Kristen menegaskan kembali komitmen mereka untuk membangun masyarakat dan kemanusiaan.

Pimpinan Sinode Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat, Gereja Kristus, Gereja Kristus Yesus, Gereja Metodis, Gereja Kalam Kudus, dan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) bertemu di Auditorium Seruni RS Ukrida pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi dalam sambutan menyampaikan terima kasih untuk para pimpinan sinode beberapa gereja yang hadir di RS UKRIDA. Wani menjelaskan visi Ukrida menjadi perguruan tinggi unggul di level nasional dan internasional berdasarkan nilai Kristiani.

Selain itu juga dalam presentasinya tentang Ukrida, Dr. Wani mengatakan GKI Sinode Jawa Barat ikut membidani kelahiran Ukrida di tahun 1967. Saat ini, Ukrida memiliki akreditasi Baik Sekali dengan 5 Fakultas dan 14 Program Studi terus melaksanakan misinya dengan motto Lead to Impact.

“Sebagai perwujudan nilai Kristiani, Ukrida bukan hanya menerima mahasiswa yang mampu secara finansial dan di Jakarta tetapi juga mahasiswa dari berbagai daerah, termasuk Papua, yang membutuhkan dukungan beasiswa," ungkap Wani.

"Sejak tahun 2019 sampai 2022 mahasiswa Ukrida yang berasal dari Papua berjumlah 61 orang, dan ini menjadi bagian dari tekad Ukrida mewujudkan pemerataan pendidikan,” ujar Wani menambahkan.

Selanjutnya Rektor Ukrida dalam presentasinya juga menginformasikan berbagai program beasiswa untuk GKI, seperti beasiswa Klasis di Jakarta dan beberapa di Jawa Barat, juga berbagai beasiswa lain. Selain itu ditampilkan testimoni para mahasiswa Ukrida yang merupakan warga jemaat GKI.

Baca juga: Jasa Marga Berkolaborasi dengan UGM, Kembangkan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

Dalam kesempatan sama, Direktur Rumah Sakit Ukrida, dr. Eka Widrian Suradji memperkenalkan komitmen RS Ukrida menjadi RS yang mengobati dengan kasih dan merawat dengan hati (healing with care, caring with heart).

RS Ukrida per Juli 2022 menjadi RS Tipe C yang menawarkan harga terjangkau yang berkeadilan bagi pasien, di tengah-tengah anggapan negatif masyarakat terhadap rumah sakit yang komersial.

RS Ukrida juga melayani pasien tanpa membeda-bedakan latar belakangnya, dan per Januari 2022 RS Ukrida menerima pasien dengan layanan BPJS. Salah satu misi RS Ukrida adalah mengembangkan RS pendidikan berkualitas bersama FKIK Ukrida.

Selanjutnya, Eka juga memperkenalkan layanan Rumah Duka dan Krematorium Tabitha-Ukrida, yang berkomitmen menjadi sahabat bagi keluarga yang berduka cita.

Rumah Duka dan Krematorium Tabitha-Ukrida juga memiliki krematorium dengan mesin kremasi yang ramah lingkungan sebab memakai bahan bakar gas Compressed Natural Gas (CNG).

Komitmen membangun masyarakat dan kemanusiaan

Para Pendeta pimpinan sinode dari gereja-gereja tersebut berbagi narasi pelayanan di beberapa daerah, seperti di Mentawai dan Papua.

 

Masing-masing gereja juga menceritakan komitmen dan pelayanan yang dilakukan untuk masyarakat miskin di beberapa tempat di Indonesia, melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi seperti pengolahan makanan atau pelayanan di bidang pendidikan melalui Yayasan Kasih Abadi Untuk Mentawai (KAUM).

Pelayanan ke daerah-daerah tersebut dilakukan oleh masing-masing Sinode tetapi ada juga pelayanan yang dilakukan secara bersama oleh gereja-gereja seperti yang dilakukan melalui pusat pelatihan misi terpadu (PPMT) yang digerakkan oleh Sinode Gereja Kristus Yesus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com