Kompas.com - 05/10/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Hari Tentara. Tetapi, apakah kamu tahu berapa usia TNI sesungguhnya?

Memasuki tahun 2022, TNI berusia 77 tahun. Sejarah lahirnya TNI sangat panjang dan dimulai dari perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda.

TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). Lalu dalam sejarah TNI, pada tanggal 5 Oktober 1945 BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer internasional, diubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Baca juga: Ini Sejarah TNI yang Diperingati 5 Oktober, Awalnya BKR

Dilansir dari laman TNI, sejarah TNI juga diawali dari usaha pemerintah untuk menyempurnakan tentara kebangsaan, seraya bertempur dan berjuang untuk kemerdekaan bangsa.

Kemudian, pemerintah mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara reguler dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden mengesahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Ketika Perang Kemerdekaan sepanjang 1945-1949, TNI berhasil menunjukkan jika TNI adalah tentara rakyat, tentara revolusi, dan tentara nasional.

Meski baru lahir dan sedang menata dirinya, TNI masih terus menghadapi perjuangan baik di dalam dan luar negeri.

Dari dalam negeri, TNI menghadapi masalah berdimensi politik maupun dimensi militer. Masalah politik bersumber dari golongan komunis.

Masalah dalam militer, TNI menghadapi pergolakan bersenjata di beberapa daerah dan pemberontakan PKI di Madiun serta Darul Islam (DI) di Jawa Barat.

Baca juga: Pakar UGM: Jati Diri TNI Harus Kembali Jadi Tentara Rakyat

TNI juga dua kali menghadapi Agresi Militer Belanda di mana negara tersebut memiliki organisasi dan persenjataan yang lebih modern.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.