Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2022, 08:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Melalui program Google Career Certificates, Google menyediakan 5.500 beasiswa bagi siswa, mahasiswa maupun umum untuk mendapatkan sertifikasi program Pengembangan Talenta Digital Kreatif.

Program yang dijalankan Google Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Google Career Certificates merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang dan dibangun oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google.

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Setiap program sertifikat profesional telah dibuat untuk membekali pelajar dengan pengetahuan teoritis dan praktis serta keterampilan pemecahan masalah kehidupan nyata agar berhasil dalam pekerjaan tingkat awal.

Pelatihan dimulai pada 7 Oktober 2022 hingga 12 Desember 2022.

Peserta program akan diberikan materi kursus, tutorial, latihan, pembelajaran berbasis proyek berstandar global, serta dukungan dari mentor, fasilitator, dan forum diskusi online.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan, program Pengembangan Talenta Digital Kreatif ini merupakan kelanjutan dari Baparekraf Developer Day (BDD) dan Baparekraf Digital Talent (BDT) yang sukses diadakan pada 2016-2021 lalu dengan memfasilitasi puluhan ribu pengembang aplikasi dan solusi digital.

"Program tersebut merupakan komitmen Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan talenta Indonesia, sebagai upaya mengaktifkan kembali perekonomian di sektor digital dan kreatif. Untuk fase kedua ini kami menggandeng Google Indonesia yang memiliki praktisi ahli pada bidang teknologi dan kami yakin mampu menginspirasi dan mendorong para peserta untuk membuktikan potensi mereka yang luar biasa," paparnya dalam keterangan tertulis Google Indonesia.

Baca juga: Minimal Skor IELTS untuk Daftar Beasiswa S1-S2, Siapkan dari Sekarang

Sementara itu, Country Director Google Indonesia, Randy Jusuf menjelaskan, 5.500 beasiswa yang Google berikan meliputi 3.000 beasiswa Google Career Certificates untuk sertifikat IT Support dan sertifikat Analisis Data, 1.250 beasiswa Android Developer Dasar dan 1.250 beasiswa Machine Learning Dasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com