Kompas.com - 16/08/2022, 12:55 WIB

KOMPAS.com - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa besar dalam sejarah yang setiap tahunnya diperingati bangsa Indonesia.

Teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB pukul 10.00 WIB.

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sendiri dilakukan di kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Baca juga: Fakta Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Ditandai 6 Hal Ini

Peristiwa ini mengawali titik baru Indonesia bisa terlepas dari penjajahan. Akhirnya, bangsa ini bisa mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis oleh Ir. Soekarno sedikit berbeda dengan naskah tulisan tangan Ir.Soekarno yang dirumuskan pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari.

Baca juga: Makanan Para Pejuang Kemerdekaan Semasa Perang, Ini 5 Menunya

Naskah asli tulisan tangan Ir.Soekarno yang sempat disimpan oleh Burhanuddin Mohammad Diah atau BM Diah, pewarta yang ikut menyiarkan kemerdekaan Indonesia.

Naskah ini menjadi bukti Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, pada 2013 lalu Pemerintah menetapkan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tulisan Tangan Soekarno sebagai Benda Cagar Budaya Peringkat Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 255/M/2013 tertanggal 27 Desember 2013.

 

Berikut adalah isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia hasil tulisan tangan asli Ir. Soekarno, dilansir dari laman Kemdikbud. 

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.