Kompas.com - 16/08/2022, 12:47 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (FEB Uhamka) dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) menggelar webinar bertajuk "Internasional Summer Course Green Accounting Implementation to Empower ASEAN Economic Growth".

Webinar internasional ini akan berlangsung pada 15-20 Agustus 2022.

Meita Larasati Kaprodi Akuntansi S1 Uhamka menjelaskan, tahun ini FEB Uhamka bekerja sama dengan FEB UMT. Tema besar yang diusung tahun ini diikuti dengan isu-isu spesifik yang berkaitan dengan green accounting seperti; green industry, carbon tax, ESG (environmental, social, and governance) dan CSR (corporate social responsibility). 

Baca juga: Jokowi Pastikan Ekonomi Indonesia Bertransformasi ke Green Economy

“Peserta summer course ini berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei, India, Nigeria, Thailand, Pakistan, Taiwan, dan lainnya. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi seluruh peserta,” harap Meita.

Isu "Green Accounting"

FE Uhamka dan FE UMT menggelar webinar bertajuk Internasional Summer Course Green Accounting Implementation to Empower ASEAN Economic Growth pada 15-20 Agustus 2022.
DOK. UHAMKA FE Uhamka dan FE UMT menggelar webinar bertajuk Internasional Summer Course Green Accounting Implementation to Empower ASEAN Economic Growth pada 15-20 Agustus 2022.

Dalam kesempatan sama, Prof. Gunawan dalam sambutan mengatakan konsep green (hijau) sudah mulai banyak diterapkan di berbagai sektor, termasuk sektor keuangan. Dalam akuntansi, konsep hijau dikenal dengan istilah green accounting.

Ia juga mengatakan, pada dasarnya green accounting mencoba memasukkan dan menghubungkan faktor biaya lingkungan ke dalam aktivitas perusahaan sehingga kegiatan operasional tidak hanya berfokus pada keuntungan tetapi juga pada pelestarian lingkungan.

Summer course kali ini tidak hanya menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli di bidang green accounting, tetapi juga mengadakan company visit dari Bank Syariah Indonesia dan PT Pardic Jaya Chemical - Tangerang," ungkap Prof. Gunawan.

"Selain itu, karena acara ini bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, maka kami akan menyajikan beberapa ulasan video terkait hari kemerdekaan dan beberapa budaya yang ada di Indonesia," tambah Rektor Uhamka.

Baca juga: Diskusi Jokowi dengan Produsen Mobil Jepang, Bahas Green Economy

"Saya berharap para peserta summer course baik dari dalam maupun luar negeri dapat memperoleh wawasan baru terkait implementasi green accounting untuk memberdayakan pertumbuhan ekonomi di ASEAN,” pungkas Prof Gunawan.

Selain Rektor Uhamka, webinar internasional ini juga dihadiri oleh Zulpahmi (Dekan FEB Uhamka), Ahmad Amarullah (Rektor UMT), dan Hamdani (Dekan FEB UMT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.