Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 07:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang akan mendaftar Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 harus menyesuaikan dengan kebijakan baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Untuk meningkatkan pengelolaan pengujian bidang pendidikan yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel maka melalui Permendikbud 44 tahun 2022 dibentuklah Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

BP3 ini menggantikan peran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah mengantar calon mahasiswa Indonesia memilih program studi (prodi) dan perguruan tinggi negeri (PTN) sejak tahun 2018 dan telah selesai menjadi pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2022 ini.

Baca juga: SNPMB 2023: Ini Syarat dan Daya Tampung SNBP, SNBT, Seleksi Mandiri

Untuk mengetahui serba-serbi seputar SNPMB 2023, calon mahasiswa harus tahu lembaga pelaksana SNPMB 2023 yakni Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Akun medsos resmi BP3

Sama seperti Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang selalu membagikan berbagai informasi seluruh tahapan seleksi masuk PTN, BP3 juga sudah mempunyai akun media sosial (medsos) resmi.

Dari pantauan Kompas.com, ada banyak akun Instagram yang menyerupai akun resmi SNPMB BP3. Namun yang benar-benar resmi akun SNPMB BP3 adalah akun @snpmb_bp3.

Baca juga: LTMPT: Kami Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN

Sehingga calon mahasiswa jangan sampai salah follow akun medsos SNPMB BP3 yang resmi.

"Dapatkan informasi lengkap mengenai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 HANYA melalui media sosial resmi SNPMB-BPPP ya!

Follow (ikuti) dan dapatkan informasi lengkap dan terkini mengenai seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 dapat diakses melalui laman resmi SNPMB-BPPP ya!

Ikuti dan hidupkan notifikasi untuk mendapatkan informasi terkini mengenai seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2023," tulis Instagram resmi SNPMB BP3 seperti dikutip, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: BP3 Resmi Bikin Akun Sosmed, Beri Info Seputar SNPMB 2023

Dari hasil pantauan Kompas.com, ada banyak akun-akun dengan nama yang hampir sama. Seperti @snpmb.bp3, @snpmb_bp3_kemendikbud, @snpmb_.bp3 hingga @snpmb_bp3.info.

Calon mahasiswa, selain akun resmi di Instagram, BP3 juga memiliki akun resmi di platform media sosial lainnya, yakni:

1. Akun Twitter BP3: @snpmb_bppp

2. Akun TikTok BP3: snpmb_bp3

3. Akun Facebook BP3: snpmb.bp3

4. Akun YouTube BP3: snpmb-bppp

Baca juga: LTMPT Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN, Apa Gantinya?

Selain beberapa akun medsos resmi, BP3 juga memiliki laman resmi di halo-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id.

Itulah akun medsos resmi dari BP3 yang akan membagikan berbagai informasi terkait SNPMB 2023. Untuk mengetahui semua pengumuman terkait SNPMB 2023, kamu bisa follow akun resmi BP3 tersebut ya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com