Kompas.com - 27/09/2022, 09:49 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menuntut ilmu adalah perihal keberanian menginjakkan langkah pertama. Hal inilah yang diyakini Aditya Sutantio, wisudawan tertua pada Wisuda ke-126 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Wisudawan Departemen Teknik Sipil ITS ini berhasil menamatkan studi Doktor (S3) di usia 63 tahun 4 bulan dan resmi diwisuda pada Minggu (25/9)/2022.

Baca juga: 3 Kota Terbaik buat Mahasiswa Versi QS WUR 2023, Bandung Nomor 1

Melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 awalnya tak pernah ada dalam benak pria yang akrab disapa Adit ini.

Dirinya yang sejak lulus dari jenjang Sarjana (S1) telah berkecimpung di dunia konstruksi memilih untuk fokus pada pekerjaan di lapangan dan menjalankan berbagai proyek.

Mulai dari jembatan, bendungan, hingga perumahan di pelosok Bali dan Nusa Tenggara.

Namun takdir berkata lain. Usai menamatkan pendidikan magisternya di Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) ITS 2009 silam, dia didaulat menjadi salah satu pengajar di SIMT ITS.

Meski di usia yang tak lagi muda, tuntutan menjadi pendidik menggerakkan hatinya untuk kembali mengenyam pendidikan.

"Hal ini pun tak lepas dari peran Prof. Yulinah, salah satu guru besar yang kerap mendorong saya," kata dia dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Jalani kuliah S3 di ITS hampir membuat nyerah

Bagi Adit, menjalani pendidikan S3 dengan kondisi fisik yang tak sebugar dulu menjadi tantangan yang luar biasa, bahkan pernah hampir membuatnya menyerah.

Baca juga: Profil Anies Baswedan, Mulai dari Pendidikan dan Jabatan Mentereng

Pria yang lahir tahun 1959 ini mengaku, terkadang cukup sulit untuk dapat membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan yang tak sedikit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.