Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ke Mana Arah Proyek Pendidikan Generasi Muda?

Kompas.com - 27/09/2022, 11:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Zen Wisa Sartre dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Sudah lebih dari satu bulan Indonesia berulang tahun ke-77. Dibandingkan negara lain, memang tergolong muda. Indonesia juga masih dalam tahap proses mewujudkan kemanusiaan yang dicita-citakan.

Lantas, bagaimana dengan generasi muda yang menghidupinya?

Muhammad Faisal, Founder Youth Laboratory Indonesia, memaparkan pemikirannya terkait generasi muda dalam siniar BEGINU bertajuk “Doktoral Muda dan Eksperimen Generasi Muda” di Spotify.

Salah satu hal yang patut dibanggakan adalah generasi muda kita kali ini mulai sadar atas negara bukanlah pemerintah, melainkan masyarakat.

Perilaku ini sesuai dengan pemikiran humanisme yang menekankan rasa kemanusiaan dan mampu berkontribusi terhadap kehidupan yang damai, sejahtera, dan penuh sukacita.

Akan tetapi, jangan sampai pemikiran itu sebatas “kebenaran” yang dielu-elukan. Jika demikian, bukan tidak mungkin generasi muda akan terjebak pada dunning-kruger effect, yaitu bias kognitif yang menyebabkan kurangnya kesadaran diri menilai secara akurat kemampuan.

Sederhananya, seseorang akan bertindak atau berperilaku seakan-akan dirinyalah yang paling menguasai bidang tersebut.

Akan tetapi, generasi muda masih berada pada tahap pendewasaan dan pencarian jati diri sehingga kerap kali melakukan kesalahan. Itu sebabnya, mereka butuh dukungan keluarga, lingkungan, dan pemerintah.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia yang Wajib Dicoba

Namun, bagaimana bila akhirnya generasi muda hanya menjadi proyek pemangku kekuasaan? Tentu, hal ini akan menjadi masalah karena kebebasan dan perkembangan kognitifnya menjadi tidak optimal.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.