Kompas.com - 27/09/2022, 09:44 WIB
|

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY/UPN Jogja) membuat inovasi alat penangkap emas yakni alat sluice box.

Adapun penelitian tersebut melibatkan beberapa pihak di antaranya Dr. Ir . Eddy Winarno, SSi., MT., Dr. Edy Nursanto, ST., MT., IPM., Ir. Bambang Sugiarto, MT., dan Riria Zendy Mirahati, ST., MT.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Dr. Hendro Widjanarko, M.M., berharap inovasi alat tersebut bisa bermanfaat.

Baca juga: 84 Mahasiswa dari 7 Negara Belajar Budaya Indonesia di FISIP UPN Jogja

Tentu bisa membantu penambang emas tradisional untuk bekerja lebih efisien baik dari segi tenaga dan waktunya.

Sementara Dr. Edy Nursanto selaku ketua tim pengembang alat penemu emas menyampaikan Sluice box adalah sebuah alat penangkap emas manual yang bentuknya seperti box panjang dan diletakkan di aliran arus air sungai.

Alat ini memanfaatkan derasnya air untuk memisahkan aluvial emas dan material kasar seperti batuan dan kerikil besar.

Selain itu, alat sluice box ini berbeda dengan alat sluice box lainnya. Sebab, alat ini dimodifikasi portabel yang dipadukan dengan pompa slurry.

Baca juga: UPN Jogja Buka Beasiswa Wimaya 2022, Kuota 400 Mahasiswa

"Yang beda dari yang lain adalah modifikasi portabel yang dipadukan dengan pompa slurry dan diterapkan untuk endapan aluvial emas di sungai," ujarnya dikutip dari laman UPN Jogja, Senin (26/9/2022).

Dosen Jurusan Teknik Pertambangan UPNVY tersebut juga mengungkapkan mengenai hambatan yang ia dan tim hadapi dalam penyusunan alat sluice box tersebut.

Hambatan tersebut terjadi saat tim melakukan uji coba alat sluice box di lapangan. Ia menyampaikan kondisi cuaca seperti hujan memberikan dampak dalam proses ekstraksi.

"Alat ini harus dipasang di daerah dekat sungai. Terjadinya hujan merupakan hambatan dalam proses ekstraksi emas aluvial sebab proses menjadi tidak efektif. Ini dikarenakan slurry bercampur dengan air hujan di lapangan," terang Edy.

Walaupun begitu, ia dan tim berhasil menyelesaikan penelitian itu. Dijelaskan, alat ekstraksi emas aluvial dengan sluice box merupakan alternatif yang ramah lingkungan, sehingga hal ini harus bisa dikembangkan.

Baca juga: Bahas Isu Jurnalisme Internasional, Mahasiswa UPN Jogja Kuliah Bersama Sputnik Rusia

Penggunaan sluice box dapat memberikan manfaat yang nyata dalam mendapatkan emas aluvial. Desainnya pun praktis dan ringan serta mudah dibawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.