Kompas.com - 27/09/2022, 09:38 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi mengubah nama dan aturan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Keduanya menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Lalu akan ada seleksi Mandiri pada 2023.

Kemendikbud Ristek tak cuma mengganti nama kedua jalur seleksi masuk PTN tersebut. Mulai penyelenggara dan sistemnya pun dirubah.

Jika dulu, penyelenggaranya adalah LTMPT kini menjadi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Ke depan, pada tahun 2023 siswa SMA, SMK, MA sederajat bisa memilih seleksi masuk PTN lewat 3 jalur yang diatur pemerintah, yakni SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri.

Baca juga: Siswa IPA, IPS, Bahasa Bisa Lintas Jurusan di SNMPTN-SBMPTN Skema Baru

Aturan, sistem, jadwal SNBP dan SNBT diatur dalam Permendikbudristek no. 48 tahun 2022. Untuk jadwalnya, Kemendikbud Ristek telah merinci beberapa hal yang harus diperhatikan sekolah, siswa, termasuk orangtua/wali murid.

Jadwal SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri 2023

Dalam Permendikbudristek no.48 tahun 2022, pada pasal 13, periode tanggal pelaksanaan dan pengumuman SNBP maupun SNBT ditetapkan oleh Kementerian.

Pada Pasal 14, kriteria dan penetapan hasil kelulusan SNBP, SNBT, dan seleksi mandiri oleh PTN merupakan kewenangan pemimpin PTN.

Pemimpin PTN wajib memberikan data calon mahasiswa dan hasil seleksi masuk PTN dari setiap jalur kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Baca juga: Daftar Mapel Pendukung untuk Prodi Soshum di SNMPTN Skema Baru 2023

Dalam pasal 9, penerimaan mahasiswa baru pada PTN tetap diselenggarakan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Misalnya, pengumuman akan disampaikan melalui akun resmi media sosial BP3.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.