Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LTMPT Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN, Apa Gantinya?

Kompas.com - 11/09/2022, 21:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi menjadi pelaksana seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Hal ini diumumkan secara resmi melalui akun Instagram LTMPT, Minggu (11/9/2022).

Sebagai lembaga yang mengatur pelaksanaan seleksi masuk PTN khususnya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), LTMPT telah bertugas sejak tahun 2018 hingga 2022.

Lantas siapa yang akan menggantikan LTMPT untuk mengakomodir para calon mahasiswa saat mengikuti seleksi masuk PTN? Simak penjelasannya berikut ini:

Peran LTMPT untuk mengantar calon mahasiswa Indonesia memilih prodi dan PTN ini telah selesai sehubungan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 48 tahun 2022 tentang penerimaan mahasiswa baru program diploma dan sarjana di perguruan tinggi negeri per tanggal 1 September 2022.

"Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi tidak lagi melaksanakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri," terang pengumuman resmi LTMPT seperti dikutip dari Instagram, Minggu (11/9/2022).

Baca juga: LTMPT Resmi Tak Jadi Lagi Lembaga Pelaksana Seleksi Masuk PTN

Apa pengganti LTMPT?

Berdasarkan pasal 20 Permendikbud Ristek nomor 48 tahun 2022, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri.

Dengan demikian, segala urusan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementerian.

Sehubungan dengan itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim telah menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023.

Melalui surat keputusan Mendikbud Ristek tersebut, dibentuk badan atau lembaga yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan seleksi penerimaan mahasiswa baru 2023.

Baca juga: Perubahan Aturan Seleksi Masuk PTN 2023, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

BP3 jadi pengganti LTMPT

Dalam keterangan resminya, LTMPT mengungkapkan bahwa segala urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek.

Dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN Nadiem Makarim telah memaparkan jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023 terdapat 3 jalur yang digunakan sebagai seleksi masuk PTN, yaitu:

1. Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi

2. Seleksi Nasional berdasarkan Tes

3. Seleksi secara Mandiri oleh PTN

Baca juga: Profil Sekolah Kedinasan Poltekim, Jurusan dan Pekerjaan Setelah Lulus

Untuk mekanisme jalur seleksi nomor satu dan 2 lebih detail akan dikoordinasikan oleh UPT Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

"Tugas LTMPT untuk mengantar calon mahasiswa Indonesia memilih prodi dan PTN sejak tahun 2018 telah selesai. Mohon maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaan seleksi selama ini. Semoga sukses Calon Mahasiswa Indonesia!," ungkap LTMPT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com