Kompas.com - 15/08/2022, 21:07 WIB

KOMPAS.com - Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan Universitas Krisnadwipayana (LPKK Unkris) Susetya Herawati menyorot fenomena lunturnya karakter bangsa di kalangan pemuda termasuk para mahasiswa yang kini dinilainya semakin mengkhawatirkan.

Hal ini diungkapkan Susetya Herawati saat memberikan pengarahan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Lampung (Unila) pada Senin, 15 Agustus 2022.

Hal ini tercermin dari meningkatnya kasus kekerasan pada para remaja, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, menurunnya rasa hormat pada orang tua hingga rendahnya etos kerja.

Padahal sebagai bagian dari generasi muda, mahasiswa mendapatkan perhatian yang lebih besar dari pemerintah dibanding kelompok generasi muda lainnya. Perhatian tersebut bisa dilihat dari segi dukungan dana maupun fasilitas.

“Dengan dukungan dana dan fasilitas yang lebih baik dibanding kelompok generasi lain, sewajarnya mahasiswa memiliki tanggungjawab yang lebih besar terhadap bangsa dan negara ini,” tegas Hera.

PKKMB Unila pada tahun akademik ini mengangkat tema "Ciptakan Mahasiswa Berkarya dan Berinovasi untuk Kampus Merdeka Belajar" berlangsung di gedung Serba Guna Unila dan dihadiri Rektor Unila, Prof. Karomani, para Wakil Rektor, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dan 9.000 mahasiswa baik secara online maupun offline.

Lebih lanjut, Hera menjelaskan beberapa tanggungjawab yang dipikul mahasiswa antara lain mempertahankan dan memelihara kesatuan bangsa, mengembangkan kepribadian yang sehat dan tangguh, berpikir analitis dan sintetis, berilmu tinggi dan berketrampilan.

Tanggung jawab lain yang diemban mahasiswa juga di antaranya bermoral Pancasila dan berbudi pekerti luhur, meningkatkan partisipasi dalam pembangunan politik, ekonomi dan sosial.

Baca juga: PKKMB UNS, Moeldoko: Ini 5 Tantangan Generasi Muda Saat Ini

"Selain itu, mahasiswa juga wajib memelihara dan mengembangkan demokrasi Pancasila serta menjunjung tinggi hak dan kewajiban asasi warga negara serta mengembangkan nilai-nilai budaya yang luhur dan relevan guna mendorong dan menampung perubahan," jelas Hera.

Tanggung jawab tersebut tidak dapat lepas dari cita cita perjuangan bangsa serta keberlangsungan hidup bangsa dan negara atas dasar Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi, UUD 1945, dan Pembangunan Berkeadilan Sosial.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.