Kompas.com - 15/08/2022, 19:44 WIB

KOMPAS.com - Dosen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair), Martha Ranggi Primanthi membagikan tips bagi mahasiswa bagaimana mengelola pengeluaran mereka.

Tips kelola pengeluaran bagi mahasiswa yang pertama adalah mereka perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Menurutnya, hal tersebut sangat mudah dilakukan. Apabila mahasiswa tidak membeli sesuatu, tapi kehidupan masih berjalan lancar dan aman tanpa hambatan, maka itu berarti keinginan, bukan kebutuhan.

"Karena kalau kebutuhan tidak dipenuhi, kehidupan kita jadi jadi buruk atau worst off. Cara membedakannya as simple as that," terang Martha seperti dikutip dari laman Unair, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Sejarah Bendera Pusaka Merah Putih, Sempat Dirobek Jadi Dua Bagian

Mahasiswa perlu mengurangi social cost

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair itu memiliki pengalaman menjalani kuliah S1 3,5 tahun di Unair. Kemudian melanjutkan studi S2 dan S3 di luar negeri.

"Saya melihat sebetulnya di Indonesia ketika saya sebagai mahasiswa, biaya yang cukup besar mempengaruhi biaya hidup adalah social cost," beber Martha.

Martha mengungkapkan, social cost di Indonesia tergolong sangat tinggi. Hal ini sebabkan karena budaya yang terbentuk di lingkungan sekitar.

Social cost adalah biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi gengsi atau gaya hidup yang terjadi di lingkungan sosial.

"Mahasiswa merupakan anak muda yang gairahnya masih tinggi sehingga memiliki gengsi yang tinggi pula. Kalau tidak memiliki produk terkini, khawatir tidak punya teman dan takut tidak diakui oleh lingkungan," beber Martha.

Baca juga: Kao Indonesia Buka Lowongan Kerja S1, Terbuka bagi Fresh Graduate

Mahasiswa jangan terlalu peduli persepsi orang

Martha menjelaskan, saat dia kuliah di Australia lingkungan sekitar tidak mempedulikan apa yang dipakainya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.