Kompas.com - 15/08/2022, 20:13 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi Ruang Ortu by ASIA (Alumni Sekolah Islam Al Azhar) secara resmi diluncurkan ke publik pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di Aula Buya Hamka, Al Azhar, Jakarta Selatan. 

Aplikasi digital parenting yang dikembangkan DEF GHI bersama Alumni Sekolah Islam Al Azhar (ASIA) melalui komunitas ASIA Edu ini bertujuan memudahkan orangtua dalam mengasuh dan memantau perkembangan anak-anak.

"Kami selaku pengembang Ruang Ortu by ASIA, sangat bangga dapat memperkenalkan untuk kali pertama kepada publik, aplikasi yang sangat bermanfaat bagi orangtua dalam pengawasan terhadap anak-anak mereka dalam penggunaan gawai," ungkap Ketua Umum ASIA Mohammad Ilham Anwar, melalui rilis resmi (15/8/2022).

Dalam kesempatan sama, Direktur DEF GHI Rafik Ahmad menyatakan, "dalam perjalanannya, pembangunan, pengembangan, hingga peluncuran aplikasi ini pada hari ini, tak lepas dari campur tangan berbagai pihak."

"Oleh karena itu, kami menaruh harapan besar agar aplikasi Ruang Ortu by ASIA dapat terus disosialisasikan di lingkungan sekolah di Indonesia," lanjut Rafik Ahmad.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Imron Rosadi memberikan apresiasi atas hadirnya aplikasi Ruang Ortu by ASIA.

Menurutnya, aplikasi ini layak didukung dengan rekomendasi kebijakan agar dapat diperluas untuk komunitas pendidikan dan orangtua lainnya.

"Kami berharap aplikasi ini dapat digunakan bagi anak-anak usia 11 tahun ke bawah yang di Indonesia yang jumlah bisa mencapai 80 juta orang," ujar Imron Rosadi.

Baca juga: Rayakan Hari Anak Nasional 2022, Orami dan Kemen PPPA Berkolaborasi Gelar Diskusi Parenting

"Oleh karenanya, jika ingin lebih masif lagi, ini harus dibawa ke kebijakan ranah publik yang lebih luas dan tentu saja tidak asal mendukung. Namun, dengan landasan hukum yang kuat dan dengan dukungan pemerintah, lembaga terkait dan masyarakat," ujar Imron menambahkan.

Kepala Direktorat Pendidikan Dasar Menengah Yayasan Pesantren Indonesia Al Azhar, Nuri Muhammadi menyatakan, Ruang Ortu by ASIA merupakan terobosan teranyar bagi Al Azhar, lembaga pendidikan yang telah 70 tahun hadir di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.