Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 20:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi Ruang Ortu by ASIA (Alumni Sekolah Islam Al Azhar) secara resmi diluncurkan ke publik pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di Aula Buya Hamka, Al Azhar, Jakarta Selatan. 

Aplikasi digital parenting yang dikembangkan DEF GHI bersama Alumni Sekolah Islam Al Azhar (ASIA) melalui komunitas ASIA Edu ini bertujuan memudahkan orangtua dalam mengasuh dan memantau perkembangan anak-anak.

"Kami selaku pengembang Ruang Ortu by ASIA, sangat bangga dapat memperkenalkan untuk kali pertama kepada publik, aplikasi yang sangat bermanfaat bagi orangtua dalam pengawasan terhadap anak-anak mereka dalam penggunaan gawai," ungkap Ketua Umum ASIA Mohammad Ilham Anwar, melalui rilis resmi (15/8/2022).

Dalam kesempatan sama, Direktur DEF GHI Rafik Ahmad menyatakan, "dalam perjalanannya, pembangunan, pengembangan, hingga peluncuran aplikasi ini pada hari ini, tak lepas dari campur tangan berbagai pihak."

"Oleh karena itu, kami menaruh harapan besar agar aplikasi Ruang Ortu by ASIA dapat terus disosialisasikan di lingkungan sekolah di Indonesia," lanjut Rafik Ahmad.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Imron Rosadi memberikan apresiasi atas hadirnya aplikasi Ruang Ortu by ASIA.

Menurutnya, aplikasi ini layak didukung dengan rekomendasi kebijakan agar dapat diperluas untuk komunitas pendidikan dan orangtua lainnya.

"Kami berharap aplikasi ini dapat digunakan bagi anak-anak usia 11 tahun ke bawah yang di Indonesia yang jumlah bisa mencapai 80 juta orang," ujar Imron Rosadi.

Baca juga: Rayakan Hari Anak Nasional 2022, Orami dan Kemen PPPA Berkolaborasi Gelar Diskusi Parenting

"Oleh karenanya, jika ingin lebih masif lagi, ini harus dibawa ke kebijakan ranah publik yang lebih luas dan tentu saja tidak asal mendukung. Namun, dengan landasan hukum yang kuat dan dengan dukungan pemerintah, lembaga terkait dan masyarakat," ujar Imron menambahkan.

Kepala Direktorat Pendidikan Dasar Menengah Yayasan Pesantren Indonesia Al Azhar, Nuri Muhammadi menyatakan, Ruang Ortu by ASIA merupakan terobosan teranyar bagi Al Azhar, lembaga pendidikan yang telah 70 tahun hadir di Tanah Air.

Tak hanya orangtua dan anak, aplikasi ini dinilainya sangat berguna bagi para guru di Al-Azhar.

"Sekolah, khususnya guru-guru kami, mendapatkan informasi terkait aplikasi-aplikasi apa saja yang diakses oleh murid, berapa lama si anak mengakses sebuah aplikasi. Sehingga kami dapat memberikan arahan ke anak agar menggunakan IT (teknologi informasi) itu dengan adab," papar Nuri Muhammadi.

Dukungan serupa datang dari Ketua Departemen Ketahanan Keluarga Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPP PKS Eko Yuliarti Siroj.

"Salah satu tantangan terbesar di Indonesia itu adalah penggunaan teknologi terutama bagi anak-anak, yang belum memiliki bekal yang cukup untuk masuk ke dunia teknologi yang sangat terbuka," ungkap Eko Yuliarti Siroj.

"Kami menilai, aplikasi Ruang Ortu by ASIA sangat membantu, terutama bagi orangtua dalam mengendalikan arus informasi teknologi kepada anak-anak," lanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com