Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2022, 12:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) bersinergi dalam acara Nusantara Beryoga Bersama Kagama Edisi Spesial Bulan Agustus, Minggu (7/8/2022).

Kegiatan digelar bauran yakni 71 peserta secara luring bertempat di Balairung Gedung Pusat UGM dan lebih kurang 270 peserta hadir secara daring melalui Zoom.

Pada kesempatan tersebut, aktor tampan Anjasmara menjadi instruktur pada kegiatan yoga bertajuk “Yoga Mahardika Bersama Anjasmara”.

Baca juga: Ini Isi Wejangan Ganjar Pranowo pada Maba UGM 2022

Dalam sambutan pembuka, Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., mengatakan bahwa UGM sudah mencanangkan health promoting university yaitu universitas yang mempromosikan kesehatan.

Jadi sehat adalah bagian dari misi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kagama.

"Sehat bukan hanya fisik tapi sehat mental juga sehat sosial. Kegiatan yoga ini memiliki tiga hal tersebut dan sangat mendukung," ujarnya dikutip dari laman Alumni UGM.

Rektor UGM berharap kegiatan Kagama Yoga dapat dilakukan secara periodik sehingga anggotanya bisa semakin sehat dan semangat untuk terus berkarya.

Adapun yoga bersama berlangsung kurang lebih selama satu jam. Setelah kegiatan yoga bersama, dilanjutkan dengan diskusi dan sharing interaktif yang dipandu oleh Ningrum Ambarsari.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Penyebab dan Upaya Deteksi Dini Penyakit Ginjal

Sehatkan fisik dan psikis

Anjasmara kemudian membagikan pengalamannya ketika mulai menekuni yoga hingga menjadi seorang instruktur.

Menurutnya, pada dasarnya yoga diketahui memiliki banyak manfaat karena manfaat yoga tidak hanya menyehatkan secara fisik namun juga secara psikis.

Beryoga tidak hanya menggerakkan tubuh tapi juga mengatur teknik pernapasan, menenangkan pikiran, hingga membiasakan tubuh dalam posisi yang benar.

Tak hanya yoga bersama dan diskusi interaktif, kali ini ada banyak edukasi mengenai yoga dan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental.

Selain itu juga instruktur membagikan bahwa pentingnya metode bernapas untuk menyembuhkan sakit di dalam layer-layer yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: Doktor Baru UGM Ini Kaji Respon Terapi Pasien Epilepsi

Diharapkan, melalui kegiatan ini peserta dapat terus menjaga kesehatan fisik dan mentalnya agar produktivitas sehari-hari dapat terus terjaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com